Jogja
Jumat, 6 Mei 2016 - 14:34 WIB

LIBURAN DI JOGJA : 7 Sudut Jogja yang Jadi Lokasi Syuting AADC 2, Sudahkah Kamu Kesana?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu adegan dalam Ada Apa Dengan Ciinta 2 (miles production)

Liburan di Jogja masih bingung mau kemana? 12 tempat ini bisa jadi inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA– Film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 telah dirilis pada akhir April lalu. Film ini telah dinanti-nanti selama 14 tahun sehingga Mira Lesmana tak main-main menggarapnya.

Advertisement

Bukan hanya jalan cerita yang ia tonjolkan dalam film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini. Namun, lokasi pengambilan syuting pun memilih tempat-tempat istimewa. Wilayah terbanyak yang digunakan sebagai lokasi adalah Jogja.

Bukan tempat wisata yang sudah mainstream yang digunakan sebagai lokasi. Mira Lesmana memilih sejumlah objek yang masih belum banyak dikenal sebagai tempat wisata.

1. Istana Ratu Boko

Istana Candi Ratu Boko (Antarafoto)

 

 

 

Advertisement

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement

 

 
Istana Ratu Boko menjadi salah satu pertemuan Rangga dan Cinta. Mereka mengobrol saja dalam tayangan di spot ini. Namun, keindahan pemandangan terbukti menambah romantisme jalan cerita.

Istana Ratu Boko adalah adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan. Letaknya yang di atas bukit memungkinkan pengunjung melihat pemandangan Kota Yogyakarta dan Candi Prambanan berlatar Gunung Merapi.

Istana seluas 250 ribu meter persegi terdiri dari gapura utama, candi pembakaran, lapangan, kolam, pendopo, paseban, hingga gua. Istana Ratu Boko berada di jalan Solo kilometer 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Objek wisata ini bisa menjadi pilihan untuk menikmati matahari terbenam.

2. Papermoon Puppet Theatre

(www.papermoonpuppet.com)

Advertisement

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement

Teater boneka bentukan suami istri Ria dan Iwan Effendi ini telah menggelar pertunjukan di berbagai tempat. Selain gedung pertunjukan, boneka-boneka ini juga ditampilkan di kereta api, pasar tradisional dan tepi jalan. Ini sesuai dengan tema yang diangkat Papermoon, yakni kehidupan sehari-hari masyarakat yang dikemas secara imajinatif. Cinta dan Rangga menyaksikan lakon “Secangkir Kopi dari Playa” yang dipentaskan oleh teater boneka ini.

3. Kotagede

Kotagede memiliki ciri khas deretan toko pengrajin perak, tempat yang cocok untuk mencari perhiasan dan kerajinan perak yang cantik. Dalam salah satu adegan AADC 2, Maura dan Karmen mengayuh sepeda menelusuri arsitektur klasik di daerah ini. Cinta dan kawan-kawannya juga menikmati suguhan khas Pasar Legi di tempat yang kental dengan atmosfer tempo dulu ini.

4. Makam Panembahan Senopati

(instagram @therealdisastr)

 

 

Advertisement

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Kompleks makam pendiri kerjaan Mataram berada sekitar 100 meter dari pasar Kotagede, dikelilingi tembok besar dan kokoh. Pintu Gapura memasuki kompleks makam ini masih memiliki ciri arsitektur budaya Hindu bernama Gapura paduraksa dengan kusen berukir di sebelah selatan Masjid Besar Mataram yang menuju ke dalam kompleks Makam Raja-Raja Mataram. Pada puncak gapura ini terdapat ukiran kepala Kala bercuping ganda terbuat dari batu kapur, namun ekspresi raut muka Kala ini tidak begitu garang.

Untuk masuk ke dalam makam, kita harus mengenakan busana adat Jawa yang bisa anda sewa disana. Pengunjung diperbolehkan untuk masuk ke dalam makam pada Hari Minggu, Senin, Kamis, dan Jumat, dengan periode waktu pada pukul 08.00 – 16.00. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk memotret dan mengenakan perhiasan emas di dalam bangunan makam.

Mungkin itulah yang membuat Makam Panembahan Senopati turut menjadi bagian penting dalam proses pembuatan film AADC 2. Cinta dan Karmen terlihat cantik dan anggun mengenakan busana tradisional khas Jawa saat berfoto di makam Panembahan Senopati yang terletak di Kotagede.

5. Pojok Beteng

Pojok Beteng merupakan bangunan yang berada di setiap sudut Kraton Jogja. Beteng sudah ada sejak masa Kerajaan Keraton dan dijadikan sebagai gerbang masuk dan keluar area kerajaan. Selain itu, beteng juga sebagai bentuk pertahanan untuk menjaga kerajaan. Bangunan beteng berbentuk persegi panjang dengan ketinggian yang mencapai 5 meter. Pada bangunan beteng terdapat ruang pengintai, hingga ruang penyimpanan senjata.

Bentuk dan rupa Pojok Beteng yang unik menjadikan lokasi ini sebagai obyek pengambilan gambar favorit bagi para pembuat film di kota Yogyakarta. Nggak heran kalau AADC 2 nggak melewatkan tempat ini sebagai lokasi syuting. Di Pojok Beteng ini, terlihat sosok Rangga yang sedang galau

6. Padepokan Bagong Kussudiarja

Padepokan Pak Bagong Kussudiarja menjadi salah satu tempat yang menentukan perjalanan Cinta juga Rangga. Mereka berdua terlihat sedang bersalaman dan mengucapkan selamat tinggal di tempat ini.

Padepokan Pak Bagong Kussudiarja terletak di Desa Kembaran, Kasihan, Bantul. Obyek wisata ini merupakan rumah budaya yang dikelola oleh Yayasan Bagong Kussudiardja (YBK). Padepokan seni ini dapat dikatakan sebagai rumah para seniman. Pasalnya, padepokan ini menyediakan beragam fasilitas untuk menghasilkan suatu karya seni seperti ruang multifungsi yang berupa studio besar, studio arena, hingga studio rekaman audio digital.

Padepokan seni ini sering dijadikan tempat pertunjukan pentas seni, misalnya pagelaran seni tari dan teater.

7. Pantai Parangkusumo

Dalam film, Cinta, Maura, Karmen dan Milly berpiknik sekaligus menikmati matahari terbenam di sini. Pantai yang diyakini sebagai gerbang utama pantai selatan ini ombaknya besar. Namun, suasana sekitar pantai berpasir hitam ini lebih tenang sehingga lebih disukai oleh pengunjung yang ingin menghindar sejenak dari hiruk pikuk kota. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Parangkusumo adalah sore hari ketika udara tidak terlalu panas, langit berwarna jingga dan matahari terbenam tampak sempurna di ufuk barat.

 

(Diolah dari berbaga sumber)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif