Teknologi
Jumat, 6 Mei 2016 - 09:00 WIB

KISAH UNIK : Apple Kalah dari IPHONE

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Apple (JIBI/Reuters/Dok)

Kisah unik kali ini tentang Apple yang kalah dari perusahaan IPHONE di Tiongkok.

Solopos.com, SOLO — Mungkin hampir semua orang akan mengasosiasikan Iphone dengan ponsel besutan Apple. Namun di Tiongkok, kata IPHONE ternyata milik perusahaan pembuat berbagai produk berbahan kulit seperti tas, dompet dan casing.

Advertisement

Seperti dikutip dari Phonearena, Kamis (5/5/2016), Apple sudah bertahun-tahun berperang dengan Xintong Tiandi Technology, yang memiliki hak paten terhadap kata IPHONE di Tiongkok. Namun baru-baru ini, pengadilan di Negeri Tirai Bambu kembali memenangkan Xintong Tiandi dalam perang tersebut.

Xintong Tiandi mendaftarkan nama IPHONE pada 2007, saat Apple baru memulai debut Iphone di Amerika Serikat. Karena Apple baru muncul di Tiongkok dua tahun kemudian, Xintong Tiandi punya cukup waktu untuk menjalankan bisnis dengan nama tersebut.

Perang antara Apple dan Xintong Tiandi sudah berjalan sejak 2012 lalu, dan berkali-kali pula Apple kalah dalam peperangan tersebut. Akibatnya Xintong Tiandi bebas saja mencantumkan nama IPHONE dalam bermacam produk buatannya.

Advertisement

Untungnya, paten yang dimiliki Xintong Tiandi hanya berlaku untuk produk berbahan kulit. Jadi kemungkinan mereka membuat ponsel dengan nama IPHONE bisa dibilang tidak ada.

Kesulitan utama Apple dalam perang itu adalah ketidakbisaan mereka dalam meyakinkan pemerintahan Tiongkok kalau di negara itu merek Iphone lebih terkenal sebagai smartphone ketimbang bermacam produk buatan Xintong Tiandi.

Kasus ini adalah satu dari sekian kasus lain yang juga dihadapi oleh Apple. Tahun 2012 lalu Apple diharuskan membayar US$60 juta atau Rp798 miliar untuk mendapat hak penggunaan nama Ipad di Tiongkok juga kekalahan Apple di Meksiko dengan perusahaan pemilik merek Ifone.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Apple Iphone Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif