Soloraya
Jumat, 6 Mei 2016 - 19:00 WIB

AGENDA PRESIDEN : Hendak "Dicegat" Paspampres di Masjid Mujahidin Solo, Jokowi Mendadak Belok

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menikmati fajar pertama 2016 di Dermaga Waiwo, Raja Ampat, Jumat (1/1/2016). (Istimewa/@jokowi)

Agenda Presiden di Solo diisi salat Jumat di Nusukan. Sempat dikira ke Masjid Mujahidin, Jokowi tiba-tiba ganti arah.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuat bingung pasukan pengawalnya. Saat hendak melakukan salat Jumat di Solo, Jumat (6/5/2016), iring-iringan mobil pengawal Jokowi sempat bingung karena sang Presiden mendadak berbelok ke arah lain.

Advertisement

Iring-iringan mobil Presiden Jokowi keluar dari rumahnya di Banyuanyar, Banjarsari, Solo, sekitar pukul 11.40 WIB. Siang itu, dengan pengawalan ketat, Jokowi akan melaksanakan ibadah salat Jumat.

Dalam perjalanan menuju masjid, mobil Jokowi sempat mengecoh rombongan patroli pengawal (Patwal). Hal itu terjadi saat iring-iringan mobil tiba di mulut Jl. Kutai kediaman Presiden. Mobil patwal yang berada paling depan, tiba-tiba berbelok dan berjalan melaju ke arah utara.

Advertisement

Dalam perjalanan menuju masjid, mobil Jokowi sempat mengecoh rombongan patroli pengawal (Patwal). Hal itu terjadi saat iring-iringan mobil tiba di mulut Jl. Kutai kediaman Presiden. Mobil patwal yang berada paling depan, tiba-tiba berbelok dan berjalan melaju ke arah utara.

Awalnya, Jokowi diperkirakan salat Jumat di Masjid Mujahidin Banyuanyar. Bahkan beberapa anggota pasukan pengaman kepresidenan (Paspampres) berjalan menuju Masjid Mujahidin yang berada tidak jauh dari rumah Jokowi. Namun, ternyata mobil Jokowi yang berjalan tepat di belakang patwal, justru berbelok ke arah lain.

Mengetahui rombongan melaju ke arah lain, mobil patwal langsung berbelok arah dan mengejar rombongan mobil Presiden. Iring-iringan mobil melintasi Jl. Ki Mangun Sarkoro dan Jl. Popda menuju Masjid Nur Jamil di RT 003/RW 005 Nusukan, Banjarsari.

Advertisement

Dengan mengenakan kemeja putih, celana hitam dan peci hitam Jokowi memasuki kompleks masjid. Jokowi langsung duduk di barisan saf ketiga dan berbaur dengan jamaah lainnya. Sontak jamaah yang tengah mendengarkan khotbah Jumat terkejut dengan kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu.

Bahkan puluhan warga sekitar yang mengetahui kedatangan Jokowi langsung mengerumuni sekitar masjid. Mereka menunggu Jokowi melaksanakan salat jumat.

Setelah salat Jumat usai pukul 12.12 WIB, Jokowi diserbu para jamaah dan berebut bersalaman. Wakil Ketua II Takmir Masjid Nur Jamil, Jumangin, mengaku tak menyangka Jokowi akan menunaikan salat Jumat di masjid tersebut.

Advertisement

“Tidak ada pemberitahuan sama sekali. Tahu-tahu tadi beliau masuk saat kotbah jumat. Dan ini kedua kalinya Jokowi salat Jumat di masjid sini, yang pertama dulu saat sebelum dilantik menjadi Presiden,” katanya kepada Espos.

Tak hanya di dalam masjid, keluar dari kawasan masjid Jokowi pun dikerumuni warga. Bahkan seorang ibu menyalami dan bertanya kabar kepada Jokowi. Dengan ramah Jokowi menjawabnya, ”baik.”

Sambil berjalan menuju mobil, Jokowi terus menyalami warga. Saat ditanya oleh awak media bagaimana kabar cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, Jokowi tak menjawab dan hanya tersenyum saja. Jokowi lantas menuju ke dalam mobil dan membagikan tumpukan buku tulis ke Paspampres. Oleh Paspampres buku-buku ini dibagikan kepada anak-anak.

Advertisement

Setelah pembagian buku, rombongan kembali ke kediaman Jokowi di Jalan Kutai, Sumber. Jokowi menghabiskan waktu libur panjang di Solo sejak Kamis (5/5/2016) lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif