Jogja
Kamis, 5 Mei 2016 - 20:20 WIB

LIBURAN DI JOGJA : Berfoto Pakai Baju Penerbang di Museum Dirgantara

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung tampak sedang mengabadikan gambar dengan latar pesawat Mustang di area indoor Museum Dirgantara Mandala, Kamis (5/5/2016). (Sunartono/JIBI/arian Jogja)

Liburan di Jogja bisa diisi dengan mengunjungi museum Dirgantara

Harianjogja.com, SLEMAN – Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala berlokasi di Kompleks Lanud Adisutjipto menjadi salahsatu destinasi wisata pada libur panjang pekan ini.

Advertisement

Selain bisa berfoto di berbagai koleksi alat utama sistem pertahanan (alutsista), pengunjung juga bisa berfoto menggunakan pakaian penerbang.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, pengunjung tidak hanya berasal dari wilayah DIY namun juga banyak bus pariwisata dari luar daerah yang menjadikan Dirgantara Mandala sebagai tujuan wisata.

Selain rombongan keluarga, tidak sedikit mereka yang berkunjung dari sejumlah sekolah baik tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga SLTA.

Advertisement

Di dalam museum ini para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai informasi tentang sejarah penerbangan militer di Indonesia. Mulai dari tokoh penerbang militer hingga alutsista yang digunakan.

Selain untuk pada ruang tokoh penerbang, nama-nama lulusan Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU yang bermarkas di Lanud Adisutjipto juga ditulis di sebuah dinding sisi utara ruangan. Nama-nama tersebut ditulis sejak berdirinya Sekbang pada 1944 hingga lulusan pada 2015.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto menyatakan, seluruh pesawat yang digunakan TNI AU dalam berbagai operasi bisa dilihat di museum Dirgantara Mandala. “Pengunjung bisa berfoto di sekitar pesawat,” terangnya saat ditemui, Kamis (5/5/2016).

Advertisement

Selain itu, anak ruang khusus yang menyediakan foto bagi pengunjung dengan memakai baju penerbang baik yang berwarna hijau maupun oranye serta mengenakan helm layaknya penerbang.

“Animo masyarakat cukup besar untuk berkunjung ke museum. Setiap hari libur selalu dipenuhi pengunjung. Foto menggunakan baju penerbang sangat diminati,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif