Soloraya
Kamis, 5 Mei 2016 - 20:00 WIB

Libur Panjang, Lalu Lintas di Solo Mulai Merayap!

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara kendaraan bermotor terjebak kemacetan di Jl. Jendral Sudirman, Solo, Sabtu (26/12/2015). (Ahmad Fauzan/JIBI/Solopos)

Libur panjang membuat Kota Solo dipadati kendaraan dari luar daerah.

Solopos.com, SOLO — Meskipun libur panjang baru memasuki hari pertama, beberapa kawasan wisata dan pusat perbelanjaan di Solo mulai dipadati wisatawan. Hal itu membuat kondisi lalu lintas di beberapa ruas jalan di Solo dipadati kendaraan.

Advertisement

Dari pantauan Solopos.com, Kamis (5/5/2016) pukul 12.00 WIB, beberapa ruas jalan di Solo yang kondisinya padat merayap yakni Jl. Pakubuwono, Jl. Dr Radjiman, dan Jl. Yos Sudarso. Di Jl Pakubuwono, kepadatan kendaraan terjadi karena banyak wisatawan yang hendak berbelanja di Pasar Klewer dan berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta.

Saat itu, kepadatan didominasi mobil berpelat nomor dari luar Kota Solo seperti AE, H, dan B. Menurut Watik, salah satu pedagang di kawasan Pasar Cinderamata, kepadatan lalu lintas di Jl. Pakubuwono terjadi mulai Rabu (4/5/2016) sore.

“Dari kemarin [Rabu] sore sudah ramai seperti ini. Banyak wisatawan yang hendak ke Keraton dan ke Klewer,” katanya saat ditemui Solopos.com di tempat ia berjualan, Kamis.

Advertisement

Sementara, di Jl. Dr Radjiman dan Jl. Yos Sudarso, kepadatan lalu lintas dipengaruhi banyaknya orang yang hendak berbelanja. Sebab, dua kawasan itu merupakan central business district (CBD). Lokasi parkir di kawasan itu juga dipenuhi kendaraan meskipun telah diberlakukan sistem parkir elektronik dengan tarif progresif.

Terkait kondisi lalu lintas tersebut, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo Sri Baskoro, mengatakan sejak Rabu sore wisatawan dari luar kota mulai memadati sejumlah hotel di Solo.

Hasil dari patroli yang ia lakukan Kamis, pukul 10.00 WIB, di Kleco-Kerten-Purwosari, jumlah kendaraan dari luar kota yang masuk ke Solo semakin bertambah.

Advertisement

“Ketika hendak keluar rumah, sebaiknya menghindari waktu-waktu padat kendaraan. Jadi, berbelanja ke mall sebaiknya pukul 20.00 WIB, jika ingin ke lokasi wisata lebih baik pagi hari pukul 09.00 WIB, dan melakukan aktivitas di dalam kota setelah pukul 21.00 WIB,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan transportasi publik atau taksi agar tidak menambah kepadatan lalu lintas. Serta menggunakan jalur alternatif dan menaati rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan.

Sejumlah Kawasan di Solo yang Rawan Macet:
Simpang Tiga Faroka, Laweyan
Bundaran Purwosari, Laweyan
Bangjo Fajar Indah, Laweyan
Bangjo Sangkrah, Pasar Kliwon
Bangjo Pasar Kliwon
Warung Pelem, Jebres
Panggung, Jebres
Bangjo Ngemplak, Banjarsari
Bangjo Gilingan, Banjarsari
Bangjo Masjid Solihin, Banjarsari
Bangjo Gemblegan, Serengan
Simpang Empat Coyudan, Serengan

Sumber: Wawancara diolah

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif