Sport
Kamis, 5 Mei 2016 - 23:40 WIB

KARIER PEMAIN : Luca Toni Umumkan Gantung Sepatu

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Luca Toni (Sky Sports)

Karier pemain Luca Toni yang akan pensiun.

Solopos.com, VERONA – Eks penyerang tim nasional Italia yang kini bermain untuk Hellas Verona, Luca Toni, telah mengumumkan keinginannya untuk pensiun. Laga akhir pekan ini akan jadi laga terakhirnya sebagai pesepak bola profesional.

Advertisement

Toni memutuskan untuk gantung sepatu dikarenakan faktor usia. Pada 28 Mei 2016 nanti dia akan berusia 39 tahun. Apalagi musim ini, dia juga tak lagi berkontribus banyak untuk klubnya.

Verona berada di posisi buncit klasemen sementara Liga Italia 2015/2016 dan dipastikan bakal terdegradasi akhir musim nanti. Berbeda dengan musim lalu yang tampil cukup baik. Toni bahkan menjadi top skorer dengan lesakkan 22 gol menyamai torehan striker Inter Milan, mauro Icardi.

Verona sendiri merupakan klub ke-16 Toni sepanjang kariernya. Dia pernah membela Bayern Munchen, Juventus, AS Roma, Fiorentina, bahkan klub Timur Tengah, Al Nasr. Dia memulai karier profesionalnya di klub Modena dan menjalani puncak karier saat memperkuat Bayern Munchen.

Advertisement

Bersama raksasa Jerman itu, Toni mampu mencetak 58 gol dan 25 assust dalam 89 penampilan. Dia juga berjasa membawa Bayern meraih dua gelar Liga Jerman dan sepasang trofi DFB-Pokal. Sementara di level Timnas, Toni sudah tampil 47 kali dengan lesakan 16 gol. Dia juga menjadi bagian Timnas Italia kala menjuarai Piala Dunia 2006.

Setelah 21 tahun berkiprah di kancah profesional, Toni memutuskan gantung sepatu. Laga kandang melawan Juventus akhir pekan ini akan jadi laga terakhirnya sebagai pesepak bola profesional.

“Setelah beberapa waktu berpikir dan bertahun-tahun bermain sepak bola, saya telah memutuskan bahwa Minggu nanti akan menjadi laga terakhir saya sebagai seorang pemain profesional,” kata Toni seperti dikutip dari Football Italia, Kamis (5/5/2016).

Advertisement

“Saya agak emosional, ini adalah keputusan yang sulit dan menyakitkan. Tapi saya sudah mencapai akhir masa bermain saya. Saya sudah memikirkannya untuk beberapa pekan, bukan pekan-pekan yang mudah. Di Bentegodi melawan Juventus akan menjadi pertandingan terakhir saya,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif