Jateng
Kamis, 5 Mei 2016 - 11:50 WIB

FORMULA ONE 2016 : Ibunda Rio Haryanto Temui Gubernur Ganjar

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati (kedua dari kanan), ditemi Gubernur Ganjar Pranowo di ruang kerjanya, lantai II, Kantor Gubernur Jateng Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Rabu (4/5/2016). (Insetyonoto/JIBI/Semarangpos.com)

Formula One 2016 yang tengah diikuti Rio Haryanto mendorong ibundanya menemui Gubernur Jateng Ganjar.

Semarangpos.com, SEMARANG – Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, Rabu (4/5/2016), menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di ruang kerjanya, lantai II Kantor Gubernur Jateng, Jl. Pahlawan, Kota Semarang. Indah meminta dukungan Gubernur Jateng untuk membantu mengusahakan pembiayaan Rio Haryanto pada ajang Formula One 2016, karena sampai sekarang mengalami kesulitan melunasi kekurangan dana Rp150 miliar ke tim Manor Racing.

Advertisement

Menurut Indah, total keseluruhan balapan di Formula 1 sampai November 2016 sebanyak 20 race, sedangkan dana yang disetor manajemen Rio hanya mampu menutup sampai 10 race.”Pihak Manor Racing memberi tenggat waktu hingga akhir Mei 2016 harus dibayarkan [kekurangan Rp150 miliar]. Jika tidak, Rio akan diganti dengan pembalap lain,” ujarnya.

Untuk mengusahakan kekurangan dana Rp150 miliar, lanjut Indah, pihaknya sudah menemui sejumlah pihak, antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan pihak lain tapi belum menemui hasil.

“Rio kan warga Jateng, kami mohon dukungan dari Pak Gubenur untuk dapat membantu mengusahakan kekurangan dana itu, agar Rio dapat mengikuti Formula 1 sampai 20 rice,” harap Indah.

Advertisement

Dia menambahkan Badan Usaha Milik Negera (BUMN) melalui Pertamina telah membantu 5juta euro, sedangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang sebelumnya ingin membantu terkendala administrasi di Kementerian Keuangan. ”Sampai sekarang perusahaan besar di Jateng belum ada yang bersedia membantu,” imbuhnya.

Menanggapi permintaan ibunda Rio Hariyano itu, Ganjar menghubungi Menteri BUMN Rini Soemarno melalui telepon selulernya, tapi tidak bisa terhubung.

Demikian pula saat menghubungi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Ganjar tidak mendapatkan tanggapan.

Advertisement

“Tadi saya menghubungi Bu Rini dan Menpora, tapi tidak tanggapan. Saya nanti akan sampaikan kepada Menteri BUMN, agar BUMN mau bergotong royong, semisal masing-masing membantu Rp10 miliar, maka hanya hutuh 15 BUMN,” ujar Ganjar.

Gubernur menambahkan akan berupaya agar pihak swasta di Jateng seperti perusahaan Kacang Dua Kelinci yang menjadi sponsor klub sepak bola Real Madrid bersedia membantu Rio. “Kita harus carikan dana itu [Rp150 miliar] agar Rio bisa terus membalap di Formula 1. Ini momentum. Masyarakat Indonesia dan DPR harus tahu hanya butuh Rp150 miliar,” tandas Ganjar.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif