Jogja
Rabu, 4 Mei 2016 - 22:30 WIB

WISATA JOGJA : Long Weekend, 20.000 Kamar Dibooking

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wisata Jogja, hotel laris manis.

Harianjogja.com, JOGJA-Hampir seluruh kamar yang ada di hotel berbintang di daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) habis dipesan wisatawan. Hal ini dikarenakan adanya long weekend yang terjadi mulai Kamis (5/5/2016) hingga Minggu (8/5/2016) pekan ini.

Advertisement

“Dari tanggal 4-8 Mei sudah sampai 95 persen tapi untuk tanggal 5-7 Mei sudah 100 persen,” kata Public Relation The 1O1 Jogja Tugu Hotel, Precy Setyadhika Permata, pada Harianjogja,.com Selasa (3/5/2016). Hotel ini menyediakan 150 kamar.

Okupansi yang tinggi tidak hanya terjadi di hotel ring satu atau kawasan Malioboro dan Tugu Jogja tetapi juga hotel di luar ring satu. Public Relation Hotel Jayakarta Jogja Anne mengatakan, hingga Selasa (3/5) tingkat okupansi Hotel Jayakarta sudah mencapai 97%. “Kurang tiga persen lagi kamarnya penuh,” tegasnya pada Harianjogja,.com, Selasa (3/5/2016). Ia mengatakan, para tamu sudah memesan sejak jauh-jauh hari. Puncaknya pada minggu kemarin.

Kondisi serupa dialami Indoluxe Hotel. “Sudah full. Ada 200 kamar,” kata Carla selaku Public Relation salah satu hotel bintang di Jl. Palagan Tentara Pelajar ini.

Advertisement

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DiY) Istijab Danunegoro mengatakan, hampir semua hotel berbintang di DIY terisi penuh oleh wisatawan. Mereka memesan sejak dua bulan yang lalu. Bahkan sejak satu bulan lalu, 8.500 kamar telah dipesan.

Kamar yang tersisa tinggal hotel nonbintang. Hotel nonbintang yang ada di Kota Jogja tinggal tersisa di kawasan Prawirotaman Jogja. Terbanyak berada di Pantai Parangtritis dan Kaliurang Sleman. “Nonbintang menyediakan 13.500 kamar. Sekarang sudah terisi 85 persen,” kata Istijab.

Secara total, jumlah kamar hotel di DIY berjumlah 22.000 terdiri dari kamar nonbintang 18.500 dan sisanya kamar hotel berbintang. Ia menyebut tingkat keterisian hotel berbintang untuk weekend kali ini mendekati 100 persen. Jika dijumlah dengan kamar nonbintang yang telah laku, ada 20.000 kamar yang telah dipesan untuk libur panjang kali ini. “High season-nya kita perkirakan mulai tanggal 6 sampai 7 Mei,” ujar dia.

Advertisement

Jika ada wisatawan yang tidak mendapat kamar selama berwisata di Jogja, ia berharap para wisatawan dapat memanfaatkan homestay-homestay yang ada. Biasanya homestay banyak ditemukan di desa-desa wisata seperti di Desa Wisata Dukuh, Desa Wisata Brayut Sleman, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, persebaran wisatawan juga semakin rata dan tidak hanya terpusat di kawasan Malioboro saja.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif