Jogja
Rabu, 4 Mei 2016 - 07:20 WIB

LALU LINTAS JOGJA : Libur Long Weekend, Ini Rekayasa Jalan di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Lalu lintas Jogja melakukan rekayasa jalan.

Harianjogja.com, JOGJA-Libur panjang akhir pekan diprediksi dapat menimbulkan kepadatan kendaraan. Dinas Perhubungan Kota Jogja pun menerapkan sejumlah rekayasa jalan.

Advertisement

Misal dengan melarang semua jenis kendaraan barang masuk wilayah Kota Jogja mulai 4-8 Mei mendatang. Larangan tersebut sebagai upaya untuk mengurangi kepadatan kendaraan  selama libur anjang atau long weekend pekan ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Made Golkari Yulianto menyampaikan sejumlah rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan Dinas Perhubungan bersama kepolisian lalu lintas, di antaranya larangan balik arah di sepanjang Jalan Senopati. Sepanjang jalan tersebut akan dipasang pembatas water barrier mulai dari Simpang Empat Gondomanan sampai Simpang Titik Nol Kilomter Jogja.

Kemudian mengatur durasi traffick light yang dipantau langsung dari Terminal Giwangan melalui Air Traffick Control (ATC). Ada 25 persimpangan yang akan di kontrol,

Advertisement

Selain itu, informasi kondisi lalu lintas juga akan selalu diperbaharui melalui Video Managemen System (VMS). Misalnya kendaraan dari arah timur Jogja bisa melihat indoemasi lalu lintas di dalam Kota Jogja di VMS yang terpasang di Simpang Empat SGM, Jalan Kusumanegara. Sementara kendaraan dari arah barat ada VMS yang terpasang di Simpang Empat Wirobrajan.

Kepala Bidang Parkir, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Johan Pinem menyatakan petugas juga akan dikerahkan untuk menyisir kendaraan-kendaraan yang parkir di jalan yang tidak pada tepatnya agar tidak menambah kepadatan kendaraan. Pihaknya mengimbau wisatawan untuk menggunakan tempat parkir resmi yang sudah disediakan.

Beberapa lokasi parkir di antaranya Tempat Khusus Parkir (TKP) Senopati, TKP Ngabean, TKP Abu Bakar Ali (ABA), parkir barat Stasiun Tugu, parkir Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty). Sementara itu beberapa ruas jalan yang selalu padat kendaraan saat liburan di antaranya sekitar Tugu Jogja, Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer, Jalan Senopati, Jalan Kusumanegara.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif