Teknologi
Rabu, 4 Mei 2016 - 09:25 WIB

GOOGLE DOODLE : Inilah Profil Jane Jacobs, Jurnalis Pahlawan Lingkungan Greenwich Village

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Google Doodle memperingati hari lahir Jane Jacobs (Google.com)

Google Doodle kali ini menampilkan profil Jane Jacobs.

Solopos.com, SOLO — Jane Jacobs adalah sosok wanita tangguh yang menyuarakan pelbagai gagasannya dalam tulisan. Jurnalis kelahiran Scranton, Pennsylvania, Amerika Serikat, 4 Mei 1916 tersebut, menjadi sosok utama di mesin pencarian Google kali ini, Rabu (4/5/2016).

Advertisement

Jane Jacobs lahir dengan nama asli Jane Butzner. Ia tercatat menyelesaikan studi di Scranton High School dan dua tahun kemudian ia lulus dari Universitas Columbia. Selain sebagai jurnalis, Jane Jacob adalah penulis teori perkotaan.

Sebagai seorang jurnalis, Jane Jacobs tergerak untuk melawan proyek perluasan perkotaan, pembangunan jalan tol Lower Manhattan Expressway, dan perluasan area New York Univercity. Proyek itu sendiri digagas oleh Robert Moses.

Menurut Jane Jacobs, gagasan pengembangan perkotaan Moses ini berdampak buruk untuk masyarakat, terutama warga di blok Greenwich Village. Ada 132 keluarga yang harus digusur dan 1.000 usaha kecil yang ikut terancam.

Advertisement

Lantaran itu, Jane Jacobs membuat organisasi Joint Committee to Stop the Lower Manhattan Expressway, untuk menghentikan proyek Lower Manhattan Expressway. Upayanya sempat membuahkan hasil pada 1958, sebelum kemudian pada 10 April 1968 ia harus mendekam di penjara atas tuduhan menghasut kerusuhan, kejahatan kriminal, dan menghambat administrasi publik.

Selain memimpin Joint Committee to Stop the Lower Manhattan Expressway, Jane Jacobs juga berperan di organisasi Stop Spadina Save Our City Coordinating Committee. Bukunya yang paling terkenal adalah The Death and Life of Great American Cities (1961). Atas kiprahnya di bidang lingkungan ini, Jane mendapatkan penghargaan Vincent Scully Prize dan National Building Museum.

Semasa hidup, Jane Jacobs menikah dengan Robert Jacob. Ia meninggal di Toronto, Ontario, Kanada, ada 25 April 2006, di usia 89 tahun, karena penyakit stroke.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Google Doodle Jane Jacob
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif