Soloraya
Selasa, 3 Mei 2016 - 13:40 WIB

WNI DISANDERA ABU SAYYAF : Bayu Tiba di Bandara Didampingi Sang Ayah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sutomo dan Rahayu melakukan sujud syukur di ruang tamu rumahnya, Dukuh Miliran, Desa Mendak, Delanggu, Minggu (1/5/2016). Sutomo dan Rahayu merupakan orangtua Bayu Oktavianto, salah satu WNI yang dibebaskan kelompok Abu Sayyaf. (Taufiq Sidik Prakoso /JIBI/Solopos)

WNI yang disandera Abu Sayyaf sebagian besar telah dibebaskan, termasuk warga klaten, Bayu Oktaviano.

Solopos.com, BOYOLALI — Salah satu anak buah kamal (ABK) Tug Boat Brahma 12, Bayu Oktavianto, yang telah dibebaskan dari kelompok Abu Sayyaf tiba di Bandara Adi Soemarmo menggunakan pesawat Lion Air pada Selasa (3/5/2016) pagi pukul 09.43 WIB.

Advertisement

Bayu berangkat dari Jakarta menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan JT 536 rute Jakarta-Solo didampingin sang ayah, Sutomo. Setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Bayu disambut oleh ibu, Rahayu dan kerabat.

Rahayu terlihat langsung memeluk sang buah hati begitu keluar dari pintu kedatangan domestik.

Laki-laki kelahiran 16 Oktober 1993 ini mengaku senang bisa kembali ke Tanah Air. Bayu mengatakan selama disandera perlakuan yang diterima cukup naik.

Advertisement

“Perlakuannya sama seperti mereka [kelompok Abyu Sayyaf], kalau mereka makan, kami juga dikasih makan kalau mereka tidur di tanah, kami juga tidur di tanah,” ujarnya saat ditemui wartawan di Bandara Adi Soemarmo, Selasa (3/5/2016).

Namun Bayu mengaku tidak mengetahui bagaimana proses penyelamatan. “Kami [ABK yang disandera] tidak tahu proses pembebasan karena langsung diantar ke pulau lain kemudian diantar ke rumah gubernur,” jelasnya singkat.

Walaupun mengalami insiden penyanderaan di Filipina, Bayu mengaku tidak kapok untuk kembali melaut. Hal ini karena menjadi ABK merupakan profesinya. “Enggak kapok tapi ini mau istirahat dulu,” pungkasnya.

Advertisement

Rombongan Bayu dan keluarga kemudian dikawal oleh aparat dari Polsek Delanggu yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Delanggu. Sekitar pukul 10.00 WIB, Bayu dan keluarga meninggalkan bandara menuju ke tempat tinggal orang tuanya di Miliran, Delanggu, Klaten.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif