Soloraya
Selasa, 3 Mei 2016 - 16:15 WIB

PEMBANGUNAN PASAR KLEWER : Lelang Sisakan Dana Rp15 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aktivitas pekerja menyelesaikan pembangunan tahap I Pasar Klewer di Jl. dr. Radjiman, Solo, Sabtu (21/11/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer menyisakan anggaran lelang sekitar Rp15 miliar.

Solopos.com, SOLO–Lelang proyek pembangunan Pasar Klewer tahap II menyisakan anggaran Rp15 miliar, dari pagu Rp96 miliar yang dikucurkan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Dana itu rencananya digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana pendukung pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah.

Advertisement

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo Subagiyo mengatakan proses lelang pembangunan Pasar Klewer tahap II telah rampung. PT Adhi Karya ditetapkan sebagai pemenang lelang dengan nilai tawaran Rp 81 miliar, dari pagu Rp96 miliar. “Jadi masih ada sisa anggaran kurang lebih Rp15 miliar,” kata Subagiyo ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Selasa (3/5/2016).

Pemkot, lanjut Subagiyo, akan mengajukan permohonan izin ke Kemendag terkait penggunaan anggaran sisa lelang untuk mencukupi sarana dan prasarana yang belum terpenuhi. Di antaranya, menambah fasilitas penunjang operasional Pasar Klewer seperti lift, hidran, genset, grown tank dan travelator. Sesuai rencana, Subagiyo menjelaskan Pasar Klewer sisi barat akan dilengkapi travelator enam unit. Selain itu lima lift untuk memberikan fasilitas bagi pedagang maupun pembeli.

“Proyek Pasar Klewer tahap II sudah mulai dikerjakan per 29 April lalu. Target pembangunan rampung akhir tahun ini,” kata dia.

Advertisement

Subagiyo merinci sesuai perencanaan, Pasar Klewer akan dibangun 1.532 kios. Bangunan pasar barat nantinya akan terintegrasi dengan bangunan Pasar Klewer sisi timur. Di mana bangunan pasar timur dan barat dibuat jalur khusus sebagai penghubung kedua bangunan pasar tersebut. Subagiyo telah menyosialisasikan rencana pembangunan pasar timur kepada pedagang. Data DPP, jumlah pedagang pasar sisi timur tercatat ada 446 pedagang. “Jadi nanti bangunan sisi timur hanya dibangun dua lantai ke bawah. Ada koneksitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur,” katanya.

Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani berharap pembangunan Pasar Klewer bisa segera diselesaikan. Ia berharap, para pedagang bisa segera menempati  kios mereka. ”Semakin cepat pembangunan Pasar Klewer dirampungkan, maka kios juga bisa segera ditempati pedagang,” tutur dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif