Jogja
Selasa, 3 Mei 2016 - 17:20 WIB

KEKURANGAN PNS : Kulonprogo Kurang 1.617 PNS

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo melantik 35 kepala desa terpilih di Gedung Kaca, Wates, Kulonprogo, Sabtu (31/10/2015). (Harian Jogja/Rima Sekarani)

Kekurangan PNS Kulonprogo mencapai ribuan formasi

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kulonprogo diperkirakan mencapai 9.438 pegawai. Jumlah tersebut sampai kini belum terpenuhi dan diperburuk dengan angka PNS yang memasuki masa pensiun pada 2017 mendatang.

Advertisement

Hal ini diungkapkan oleh Yuriyanti, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kulonprogo dalam sosialisasi dan pembekalan bagi pensiuanan PNS di Gedung Kaca, Wates, pada Senin (2/4/2016).

Pada tahun 2017, diperkirakan akan ada 285 PNS Kulonprogo yang memasuki masa pensiun. Per 1 Mei 2016, jumlah PNS Kulonprogo sendiri baru mencapai 7.821 orang. “Secara tidak langsung kita kekurangan pegawai sebanyak 1617 orang,” ujarnya.

Dari jumlah yang akan pensiun tersebut, sebagian besar berprofesi sebagai guru. Yuriyanti memaparkan bahwa selama ini BKD berusaha mendayagunakan PNS yang ada untuk menjaga kinerja pemerintahan.

Advertisement

Sebelumnya, Pemkab Kulonprogo sendiri memiliki kebijakan untuk menerima pengajuan mutasi bagi PNS asli Kulonprogo.

Pada tahun 2017, PNS yang akan memasuki masa pensiun berupa 151 orang dengan jabatan fungsional, 100 orang dengan jabatan fungsional umum, dan 34 orang dengan jabatan struktural.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengingatkan PNS yang akan segera memasuki masa pensiunnya untuk tetap terus berkarya. Menurutnya, masa pensiun bisa menjadi suatu kesempatan untuk berkarya di bidang lainnya. Pensiunan PNS bisa menggali kemampuan dan peran lainnya melalui fase tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif