News
Senin, 2 Mei 2016 - 14:40 WIB

SBMPTN 2016 : Pendaftaran Tes CBT SBMPTN Panlok Surakarta Ditutup

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo SBMPTN (DokJIBI/Solopos)

SBMPTN 2016, panitia lokal SBMPTN menutup pendaftaran tes CBT.

Solopos.com, SOLO–Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 bagi pendaftar yang memilih ujian dengan tes berbasis komputer atau computer based test (CBT) di panitia lokal (Panlok) Universitas Sebelas Maret (UNS), telah ditutup. Walaupun sesuai jadwal, masa pendaftaran untuk tes dengan CBT masih sampai 9 Mei 2016, pukul 22.00 WIB.

Advertisement

Hal itu menyusul kuota untuk tes CBT di UNS yang ditetapkan panitia pusat hanya sebanyak 60 orang. Saat ini kuota tersebut sudah terpenuhi.
Hal itu disampaikan Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Solo, Sutarno, ketika ditemui wartawan di Kampus UNS, Senin (2/5/2016).

“Untuk memfasilitasi peserta SBMPTN dengan CBT, kami sebenarnya mengajukan untuk sekitar 120 peserta. Jumlah komputer yang kami siapkan juga sekitar itu. Namun dari panitia pusat memang membatasi hanya 60 orang,” terangnya.
Dengan kuota tersebut, Sutarno menyatakan sisa komputer akan disiapkan sebagai cadangan.

“Ya tentu saja kami siapkan sebagai antisipasi seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya komputer ngedrop, dan sebagainya,” tandasnya.

Advertisement

Sutarno menambahkan dalam proses seleksi, tes dengan CBT maupun ujian tulis biasa atau paper based test (PBT) tidak akan ada perlakuan yang berbeda yang akan mempengaruhi hasil SBMPTN para peserta.

“Nanti sama antara CBT dan PBT. Karena baik CBT maupun yang menggunakan PBT hasilnya nanti dijadikan satu. Tidak dipilah-piliah,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan CBT hanya dimungkinkan untuk peserta pemilih jurusan sains dan teknologi (saintek) atau sosial dan humaniora (soshum). Sementara pemilih campuran tidak dapat mendaftar CBT. Menyusul telah terpenuhinya kuota pendaftar tes CBT di UNS, pendaftar akan langsung diarahkan ke PBT.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif