Jogja
Senin, 2 Mei 2016 - 16:55 WIB

ROTASI JABATAN : Usai Mengatur Sinar Laser dan Drone di Jogja, Kolonel Bonang Dirotasi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Danlanud Adisutjipto Marsma Imran Baidirus (tengah) melakukan salam komando bersama dua pejabat lama dan baru Komandan Wing Pendidikan Terbang, di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Sabtu (30/4/2016). (Foto : IST)

Rotasi jabatan dilakukan pada dua kolonel di Lanud Adisutjipto

Harianjogja.com, SLEMAN – Dua jabatan setingkat Kolonel yaitu Kepala Dinas Operasi (Kadis Ops) dan Komandan Wing (Danwing) Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto mengalami pergantian pada akhir pekan lalu. Serahterima jabatan (Sertijab) Kadis Ops dilakukan pada Jumat (29/4) dilanjutkan dengan Danwing pada Sabtu (30/4/2016).

Advertisement

Kadis Ops Lanud Adisutjipto dari sebelumnya dijabat Kolonel Pnb Bonang Bayuaji Gautama diserahkan kepada Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah yang sebelumnya menjabat Aspers Kosekhanudnas I.

Indan adalah salahsatu prajurit terbaik TNI AU, menjadi lulusan terbaik Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) A-75 dan Sekolah Staf Komando Angkatan Udara (Seskoau) A-46.

Ia memimpin evakuasi penyelamatan WNI di Yaman yang terkena dampak konflik perang di Timur Tengah pada awal Mei 2015. Di pertengahan bulan yang sama, Indan kembali menjadi komandan operasi pencarian WNI yang hilang pada musibah gempa dan longsor di Pegunungan Everest, Nepal.

Advertisement

Selanjutnya Bonang Bayuaji Gautama menduduki jabatan Danwing Pendidikan Terbang yang ditinggalkan oleh Kolonel Pnb Azhar Adhitama yang akan menempuh pendidikan Sesko TNI. Selama menjabat sebagai Kadis Ops, Bonang termasuk perwira yang kerap bersuara di media massa.

Pada 2015 ia pernah menyatakan penolakannya ketika Menteri Perhubungan meminta latihan Sekbang TNI AU di Adisutjipto dihentikan untuk mengakomodasi penerbangan komersial jelang lebaran.

Mantan penerbang pesawat intai maritim Skuadron Udara 5 Camar Emas Makassar ini beberapa kali membuat gebrakan publik terkait keselamatan penerbangan, mulai dari perburuan pelaku sinar laser hingga melarang penggunaan drone di area KKOP Kota Jogja baru-baru ini.

Advertisement

Seusai melantik pejabat tersebut, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus meminta kepada Danwing untuk menajamkan visi agar tugas, fungsi dan peran Lanud Adisutjipto dimaksimalkan terutama dalam menelurkan awak pesawat TNI AU.

“Meningkatnya kualitas input penerbang, memiliki tantangan sekaligus konsekuensi untuk menyiapkan tenaga didik yang berkualitas agar mereka memiliki visi sebagai instruktur termasuk di dalamnya visi bagi masa depan peserta didiknya,” tegasnya, Sabtu (30/4/2016) akhir pekan lalu.

Imran juga meminta pejabat Kadis Ops yang baru agar proaktif terhadap kedinasan. Agar pelaksanaan operasi penerbangan di area Lanud Adisutjipto senantiasa berjalan lancar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif