Jateng
Senin, 2 Mei 2016 - 07:50 WIB

PILKADA 2017 : Seleksi Calon Panwas Sisakan 6 Perempuan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada 2017 di Jateng telah memasuki babak seleksi calon anggota panwas di tujuh kabupaten/kota.

Semarangpos.com, SEMARANG Tinggal enam orang perempuan yang tersisa pada seleksi calon anggota panitia pengawas (panwas) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di tujuh kabupaten/kota Jawa Tengah.

Advertisement

Sekretaris Tim Seleksi Panitia Pengawas Pilkada 2017 di Jawa Tengah (Jateng), Muhammad Rofiuddin, mengatakan dari 202 orang calon anggota panwas yang mengikuti tes tertulis yang lolos 77 orang. ”77 orang yang lolos terdiri dari 71 orang laki-laki dan enam orang perempuan,” katanya di Semarang, Jumat (29/4/2016).

Keenam orang perempuan yang lolos tersebut, lanjut dia, dua di antara mereka berasal dari Salatiga, dua orang dari Cilacap, dan dua orang dari Jepara. Untuk seleksi panwas Pilkada Banjarnegara, Batang, Pati, dan Brebes tidak calon perempuan yang lolos.

Tahapan selanjutnya, imbuh Rofiuddin, adalah tes wawancara yang pelaksanaannya dilakukan di tiga tempat. Untuk peserta dari Cilacap dan Banjarnegara dilakukan di Hotel Horisan Purwokerta, Minggu (1/5/2016).

Advertisement

Untuk peserta dari Batang dan Brebes pelaksanaan tes wawancara di Hotel Santika, Kota Pekalongan, Selasa (3/5/2016), dan untuk peserta dari Kota Salatiga, Jepara, dan Pati pelaksanaan tes wawancara di Hotel Gripta, Kudus, Rabu (4/5/2016).

Menurut anggota tim seleksi panitia pengawas pilkada, Abu Rakhmad latar belakang 77 orang calon panwas yang lolos seleksi tes tertulis dari berbagai profesi dan pekerjaan. “Ada dosen, wiraswasta, pegawai swasta, pensiunan, wartawan, purnawirawan TNI, advokat, pedagang, guru, sales, nelayan, dan lain-lain,” ungkap dia.

Tim seleksi, sambung Abu,  tidak tidak memandang latar belakang profesi dan pekerjaan para calon anggota panwas. “Semua memiliki peluang yang sama. Mereka yang terbaik yang lolos seleksi,” tandas dia.

Advertisement

Setiap kabupaten/kota nantinya akan dipilih sebanyak tiga orang anggota panwas untuk Pilkada 2017.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif