Jateng
Senin, 2 Mei 2016 - 13:50 WIB

PILKADA 2017 : PDIP Kabupaten Semarang Bantu Pemenangan PDIP Salatiga

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PDIP (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Pilkada Salatiga juga PDIP Kabupaten Semarang siap membantu pemenangan calon yang diusung PDIP Salatiga.

Semarangpos.com, UNGARAN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng) menginstruksikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Semarang membantu pemenangan calon yang diusung DPC PDI Salatiga pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Salatiga, 2017 mendatang.

Advertisement

Hal ini disampaikan Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, dalam Rapat Kerja Cabang Diperluas yang digelar DPC PDIP Kabupaten Semarang di Bawen, Sabtu (30/5/2016). “Pilkada Kabupaten Semarang sudah selesai. Mari kita bersatu memenangkan agenda pertarungan selanjutnya. Pekerjaan dalam waktu dekat, yakni membantu pemenangan PDIP di Salatiga,” ujar pria yang akrab Bambang Kribo itu.

Bambang Kribo menilai wilayah Kabupaten Semarang sangat strategis bagi Kota Salatiga. wilayah kabupaten yang sering dijuluki Bumi Serasi itu mengilingi Kota Salatiga. Dengan kondisi geografis itu maka perkembangan dan strategi politik dua wilayah itu tak bisa dilepaskan, termasuk saat kemenangan yang diraih PDIP Kabupaten Semarang pada Pilkada 2015 dan Pemilu legislatif 2014.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha, menyatakan kesiapan pihaknya dalam membantu pemenangan calon yang diusung PDI Salatiga. Terlebih lagi, saat Pilkada Kabupaten Semarang 2015 lalu, DPC PDIP Salatiga juga membantu pihaknya meraih kemenangan. “Kami PDI Perjuangan selalu bergotong-royong. Saat Pilkada Kabupaten Semarang, DPC PDIP Salatiga juga membantu kami. Sekarang di Pilkada Salatiga, kami juga siap membantu mereka,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Semarang itu.

Advertisement

Surat Resmi
Meski demikian, Ngesti mengaku pihaknya masih menunggu surat instruksi resmi dari DPD PDIP untuk segera menjalankan tugasnya. Sebab, selain berisi penugasan, surat itu juga akan memberikan petunjuk strategis guna membantu pemenangan PDIP Salatiga. “Biasanya ada surat tugas dari DPD. Kami bisa membantu secara sosialisasi calon atau hal lain yang secara khusus. Kami biasanya menunggu [instruksi] dari DPD Jateng,” imbuh Ngesti.

Delapan bakal calon wali kota dan wakil wali kota diusung DPC PDIP Salatiga pada Pilkada 2017 nanti. Kedelapan calon itu, lima di antaranya merupakan kader internal partai. Hingga saat ini PDIP belum menentukan siapakah yang akan diusung untuk maju sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota pada Pilkada Salatiga 2017. Dari delapan bakal calon yang diusung Teddy Sulistio, Dance Ishak Palit, M. Kemat, Supriyono, dan Suniprat. Sementara, tiga lainnya berasal dari kalangan praktisi, yakni Bambang Wiryawan (pengusaha), Joko Sambodo (mantan direksi Bank Jateng), dan Lusiawati Dewi (dosen UKSW). Kedelapan calon tersebut kini tengah menanti rekomendasi dari Ketua DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, untuk maju sebagai cawali maupun cawawali dalam Pilkada Salatiga 2017 dari PDIP.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif