News
Senin, 2 Mei 2016 - 21:40 WIB

LEBARAN 2016 : Tiket KA Tambahan Solo-Jakarta 9-12 Juli Ludes

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon penumpang berkonsultasi kepada petugas di loket khusus yang disediakan di Stasiun Solo Balapan, Senin (2/5/2016). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016, tiket KA tambahan dari Solo tujuan Jakarta ludes terjual.

Solopos.com, SOLO–Tiket kereta tambahan relasi Solo-Jakarta untuk jadwal keberangkatan H+2 sampai H+5 atau pada 9-12 Juli ludes. Masyarakat mulai berburu kursi setelah penjualan tiket kereta tambahan dibuka PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Sabtu (30/4/2016) pukul 00.00 WIB.

Advertisement

Kepala Stasiun Solo Balapan, Budi Santoso, mengatakan kereta masih menjadi moda transportasi pilihan masyarakat untuk arus mudik maupun balik Lebaran. Hal itu terbukti dengan banyaknya tiket KA yang habis begitu penjualan dibuka.

“Beberapa jadwal kereta tambahan sudah langsung habis dalam hitungan jam setelah penjualan tiket dibuka. Tetapi ada tiket yang masih bisa dibeli masyarakat,” ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (2/5/2016).

Saat ini, kereta tambahan yang baru tersedia adalah KA Argo Lawu fakultatif dengan sembilan rangkaian kereta. KA tambahan itu bakal tersedia selama angkutan lebaran H-10 hingga H+10.

Advertisement

Berdasarkan data PT KAI hingga pukul 10.45 WIB, Senin, beberapa tiket yang masih tersedia di antaranya jadwal keberangkatan H-5 hingga H-3 atau pada 1-3 Juli dan H+6 hingga H+10 atau pada 13-17 Juli. Data penjualan tersebut tentunya memiliki progres yang cepat sesuai dengan permintaan pelanggan. Apalagi, pemesanan tiket KA bisa dilakukan melalui channel external atau online seperti minimarket maupun Kantor Pos. Pemesanan tiket lewat online jauh lebih mudah dan cepat.

Masyarakat bakal terhindar dari penumpukan pemesanan tiket di loket stasiun. Pemesanan tiket lewat jaringan online juga lebih efisien krena tidak terbatas waktu. Sedangkan, pemesanan tiket di stasiun hanya dilayani saat jam kerja.
Dia juga memastikan tarif tiket yang dijual sama dengan kereta reguler.

“Tarif tiketnya sama, untuk kelas eksekutif dan bisnis menggunakan batas bawah dan batas atas. Tidak ada perubahan,” ujarnya.

Advertisement

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengaku menyiapkan 38 KA tambahan untuk menghadapi musim Lebaran tahun ini. Sebanyak 38 KA tambahan itu memiliki kapasitas 22.360 tempat duduk. Dengan adanya tambahan ini, jumlah tempat duduk yang tersedia selama masa angkutan Lebaran mencapai 217.364 per hari.

Dia memprediksi jumlah penumpang KA pada musim Lebaran tahun ini naik 5,5%. “Lebaran tahun ini mencapai 4,38 juta penumpang dari 5,10 juta penumpang pada tahun lalu. Prediksi tahun ini penumpang meningkat 5,5%,” jelasnya di Jakarta akhir pekan lalu.

Advertisement
Kata Kunci : KA Tambahan Lebaran 2016
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif