Otomotif
Senin, 2 Mei 2016 - 04:35 WIB

Ini Beda Headlamp dan Foglamp

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paten headlamp Honda CBR250RR. (Oami.europa.eu)

Inilah perbedaan Headlamp dan Foflamp yang harus Anda ketahui.

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Lampu merupakan salah satu komponen penting dari sebuah mobil. Fungsinya yang menerangi jalanan membantu pengemudi, terutama jika berkendara di malam hari.

Advertisement

Terdapat beberapa jenis lampu. Dua di antaranya adalah headlamp dan foglamp yang punya fungsi yang berbeda. Apa perbedaan keduanya?

Headlamp adalah lampu utama penerang jalan. Dalam perkembangannya, komponen ini terus mengalami kemajuan. Saat ini, lampu utama telah menggunakan teknologi multireflektor yang membuat cahaya lebih terang.

Pada beberapa mobil keluaran baru, headlamp juga telah dilengkapi dengan proyektor. Ini membuat sorotan cahaya tertahan dan tidak menyorot langsung ke jalan sehingga dapat mudah dilihat pengemudi lain dari arah berlawanan.

Advertisement

Selain headlamp, penerangan juga dibantu dengan lampu lain, yaitu foglamp atau lampu kabut. Posisi lampu ini biasanya ada di bawah headlamp. Lampu ini baru populer dalam satu dekade ke belakang.

Foglamp pada mulanya berfungsi memecah kabut karena intensitasnya lebih kuat dibanding headlamp. Saat ini, foglamp juga mampu menembus jalan yang bercuaca ekstrem seperti saat kabut tebal, gelap, hujan deras.

Warna foglamp yang paling cocok adalah kuning. Sebab, warna kuning adalah warna yang paling mampu menembus cahaya.

Advertisement

Dengan fungsi demikian, foglamp sebetulnya sangat dibutuhkan pada mobil-mobil tertentu. Misalnya yang diperuntukkan bagi mobil yang punya karakter penjelajah seperti Sport Utility Vehicle (SUV).

Advertisement
Kata Kunci : Foglamp Headlamp
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif