Jatim
Senin, 2 Mei 2016 - 11:05 WIB

BBM ILEGAL : Polisi Tuban Sita 3,5 Ton BBM Ilegal

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa)

BBM ilegal ditertibkan polisi Tuban bersama Pertamina Cepu.

Madiunpos.com, TUBAN – Aparat Kepolisian Resor Tuban, Jawa Timur, dan Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Jawa Tengah, menertibkan enam lokasi penjualan bahan bakar minyak (BBM) ilegal di jalur pantura Tuban.

Advertisement

Lokasi penjualan BBM ilegal yang ditertibkan milik Tardi, 36; Sampuro, 36; dan Kusmen, 32; ketiganya warga Kecamatan Bancar. Selain itu, milik Nanang, 25, dan Sutanto, 22, keduanya di Kecamatan Jatirogo, dan warga Kecamatan Tambakboyo, Kasmudi, 33.

“Dari enam kios yang menjual BBM ilegal, petugas berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 3,5 ton BBM. Saat ini barang bukti kami titipkan ke Pertamina,” kata Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan, di Tuban, Senin (2/5/2016).

Menurut Kapolres, lokasi penjualan BBM ilegal itu di sepanjang jalan pantura di Kecamatan Tambakboyo dan Bancar.

Advertisement

Dia menegaskan enam penjual BBM ilegal itu telah ditetapkan sebagai tersangka karena telah terbukti melakukan tindak pidana melakukan penyimpanan dan niaga minyak bumi dan gas bumi tanpa izin.

Para pelaku, lanjut dia, dijerat dengan pasal 53 huruf C dan D Undang-undang RI Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas.

“Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan sementara mereka mendapatkan minyak tersebut dari wilayah Wonocolo, dan sekitarnya di Kecamatan Kedewan, Bojonegoro, yang telah diolah secara tradisional. Sampai saat ini kita masih melakukan pengembangan atas peredaran BBM secara ilegal itu,” ungkap dia.

Advertisement

Ia menegaskan polisi akan terus mengembangkan kasus BBM ilegal itu, dengan mencari pemasok dan produsennya.

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Jawa Tengah, Agus Amperiyanto, menuturkan pihaknya akan terus mendukung kepolisian guna memperkokoh pijakan dan konsolidasi di masyarakat agar negara tidak dirugikan oleh tindakan oknum petugas dan masyarakat yang merugikan negara.

Sesuai data Pertamina EP Asset 4 Field Cepu bahwa di sejumlah desa di Kecamatan Kedewan, Bojonegoro, terdapat 720 titik sumur baik sumur minyak lama maupun baru, dilengkapi dengan sekitar 500 dapur penyulingan tradisional.

Advertisement
Kata Kunci : BBM ILEGAL: Polisi Tuban
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif