Jateng
Minggu, 1 Mei 2016 - 13:50 WIB

Save Rawa Pening #2 Targetkan Bersihkan 5 Hektare Eceng Gondok

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga bercocok tanam di Rawa Pening yang mengering, Kamis (2/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Save rawa Pening #2 yang merupakan wujud kepedulian lingkungan hidup para sukarelawan dan aktivis pencinta lingkungan dilaksanakan dengan membersihkan eceng gondok di Danau Rawa Pening.

Semarangpos.com, BAWEN – Ketua Panitia Save Rawa Pening #2, Prapto Nugroho, mengaku sudah lebih dari 3.000 sukarelawan dan pencinta lingkungan hidup menyatakan kesanggupan ikut serta dalam aksi peduli lingkungan hidup yang diwujudkan dengan membersihkan Danau Rawa Pening, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, dari sampah dan eceng gondok, Minggu (1/5/2016) mendatang.

Advertisement

Dengan peserta sebanyak itu, Prapto pun menargetkan ada sekitar 5 hektare hamparan eceng gondok di Rawa Pening yang bisa dibersihkan. “Hingga saat ini jumlah peserta yang sudah memberikan konfirmasi kehadirannya sekitar 3000 orang. Jumlah ini meningkat pesat dibanding tahun lalu. Kalau, tahun lalu saja peserta sekitar 1.200 orang kami mampu membersihkan 2 hektare eceng gondok, tentunya tahun ini bisa lebih. Target kami bisa membersihkan sekitar 5 hektare Rawa Pening dari eceng gondok,” ujar Prapto saat dihubungi Semarangpos.com, Rabu (27/4/2016).

Prapto mengaku jumlah itu belum seberapa jika melihat luas penyebaran eceng gondok yang ada di Rawa Pening. Dari total luas Rawa Pening sekitar 2.766 hektar, ia menilai sekitar 2/3 sudah ditumbuhi eceng gondok. Keberadaan eceng gondok ini pulalah yang diklaim Prapto mengganggu ekosistem perairan di Rawa Pening.

Berkaitan dengan kegiatan ini, Prapto pun mengajak seluruh elemen masyarakat, baik pemerhati, sukarelawan, dan aktivis pencinta lingkungkan untuk ikut serta. Ia pun mengaku eceng gondok yang nantinya diambil dari kegiatan ini tak akan dimusnahkan, tapi akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Advertisement

“Selama ini, eceng gondok juga acap dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuat kerajinan. Maka dari itu, mari hadir di kegiatan ini. Kita sama-sama membersihkan Rawa Pening. Kita sama-sama panen raya eceng gondok,” imbuh Prapto.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif