Teknologi
Minggu, 1 Mei 2016 - 08:30 WIB

PENJUALAN TABLET : Kuartal I, Apple Ungguli Samsung

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ipad Pro (Techtimes)

Penjualan tablet terus merosot, sepanjang kuartal pertama 2016 hanya terjual 39,6 juta unit.

Solopos.com, SOLO — Penjualan tablet pada kuartal pertama 2016 semakin menurun. Menurut laporan biro riset IDC, Apple tetap berada di posisi pertama penjualan tablet tingkat global. Sedangkan Samsung berada di posisi kedua.

Advertisement

Seperti dikutip dari Slashgear, Sabtu (30/4/2016), penjualan tablet di pasar global kuartal pertama 2016 sebanyak 39,6 juta unit, menurun jauh sekitar 14,7% dari tahun lalu. Padahal di kuartal keempat 2013, penjualan tablet menembus 78,6 juta unit.

Menurut Analis IDC, Jitesh Ubrani, penjualan tablet standar masih yang terbesar dengan persentase 87,6%. Tapi tak lama lagi tablet serba guna atau 2 in 1, yang memiliki keyboard fisik mirip laptop akan mendominasi pasar tablet.

Berdasarkan laporan IDC, penjualan tablet yang dibekali keyboard seperti Microsoft Surface Pro 4 dan Ipad Pro pangsa pasarnya naik sebesar 4,9 juta unit.

Advertisement

Apple dengan Ipad masih mendominasi penjualan tablet sebesar 10,3 juta unit. Sementara Samsung berada di posisi kedua mendapatkan penjualan 6 juta unit, di tiga besar ada Amazon dengan 2,2 juta unit, di peringkat keempat Lenovo 2,2 juta unit dan di lima besar adalah Huawei dengan penjualan 2,1 juta unit.

Menurut IDC tahun 2016 dan seterusnya penjualan tablet 2 in 1 akan semakin marak. Bisa jadi tablet seperti Surface milik Microsoft dan Apple yang memiliki keyboard mirip PC dan laptop akan mendominasi pasar di masa depan.

Penjualan Tablet (Slashgear)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif