Tampilan baru Google Play Store. (Istimewa/Google) Tampilan baru Google Play Store. (Istimewa/Google)
Sabtu, 30 April 2016 15:00 WIB JIBI/Solopos/Okezone Android Share :

TIPS ANDROID
Begini Cara Pulihkan Google Play Store Macet

Tips Android kali ini tentang cara memulihkan Google Play Store.

Solopos.com, SOLO — Android merupakan salah satu platform yang digunakan oleh sejuta pengguna smartphone di dunia. Dalam platform Android tak pelak pengguna disuguhkan oleh beberapa masalah, salah satunya tak bekerjanya layanan Play Store Anda.

Play Store sendiri menjadi segmen penting dalam sebuah smartphone Android. Dari sini, Anda bisa mengunduh beragam aplikasi secara resmi. Bagaimana jadinya bila layanan itu malah tak bisa dibuka atau tidak bekerja?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan layanan Google Play Store. Seperti dikutip dari AndroidPit, Sabtu (30/4/2016), berikut ini cara memulihkan Google Play Store yang tak bisa bekerja:

-Clear Cache Google Play Store

Dalam banyak kasus, mengosongkan cache Play Store bisa berhasil untuk memulihkan Google Play Store. Cache merupakan tempat penyimpanan sementara menyimpan data, sehingga bisa diperoleh tanpa perlu reload. Cara mengosongkan cache ialah dengan pergi ke Setting > Apps. Tap All? Google Play Store kemudian tap tombol clear cache.

-Bersihkan Data Play Store

Menghapus data Anda dari Play Store ini mirip dengan tips pertama. Ini menempatkan aplikasi kembali ke titik dan menghilangkan informasi yang tersimpan. Cara untuk menghapus adalah Setting > Apps. Tap All? Google Play Store kemudian tap tombol clear data.

-Clear Data dan Cache di Google Play Service

Bila Play Store diidentikkan dengan hati perangkat Android, maka Google Play Service diibaratkan sebagai jiwa perangkat Anda. Play Service merupakan proses background misterius yang memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi dengan bagian-bagian berbeda dari perangkat Anda.

Selain itu juga memungkinkan untuk melakukan sinkronisasi, mengirimkan push notifikasi dan sebagainya. Untuk melakukannya dengan pergi ke Settings > Apps > All > Google Play services kemudian tap tombol Clear cache. Bila gagal memecahkan masalah, kembali ke laman sebelumnya dan tap tombol clear data.

-Install Versi Terbaru Google Play Service

Salah satu langkah lain yang mungkin bisa membantu memulihkan Google Play Anda adalah dengan download dan install versi teranyar Google Play Service.

-Reset Akun Google Anda

Bila cara yang telah disebutkan tak bekerja, maka gunakan cara yang lebih dramatik yakni dengan me-remove akun sebagai penyegaran akun Google Anda. Setelah itu, tambahkan kembali akun Anda. Untuk melakukan hal ini caranya, Anda hanya perlu pergi ke Setting > Account kemudian tap Google. Setelah itu, tap akun Google yang ingin dihapus, setelah itu tap ikon menu di bagian atas dan tap remove.

Sementara untuk kembali menambakan akun Google, maka Anda cukup pergi ke Setting > Account > Tambahkan Akun > Google dan ikuti langkah di layar untuk menambahkan kembali akun Anda.

lowongan pekerjaan
STAFF SHIPPING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Ayo Sowan Simbah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (14/9/2017). Esai ini karya Joko Setiyono, pustakawan di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah jjoko@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Banyak orang tidak tahu 14 September bagi bangsa Indonesia merupakan Hari Kunjung Perpustakaan….