Petani memanen padi disawah Desa Bendo, Kabupaten Magetan, Jumat (5/2/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf) Petani memanen padi disawah Desa Bendo, Kabupaten Magetan, Jumat (5/2/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf)
Sabtu, 30 April 2016 23:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

PERTANIAN MAGETAN
Tenaga Penyuluh Pertanian di Magetan Minim, Ini Dampaknya

Pertanian Magetan ini terkait kekurangan penyuluh pertanian di Magetan.

Solopos.com, MAGETAN – Jumlah tenaga penyuluh pertanian di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, masih minim padahal keberadaan mereka sangat dibutuhkan untuk mendampingi kelompok tani.

Data Dinas Pertanian Magetan mencatat jumlah tenaga penyuluh pertanian di wilayah setempat hanya 126 orang. Sebanyak 55 penyuluh di antaranya berstatus PNS dan 71 sisanya merupakan tenaga harian lepas.

“Jumlah tersebut belum dapat mencukupi kebutuhan sesuai wacana pemerintah yang menyatakan satu desa ditangani oleh satu tenaga penyuluh pertanian,” ujar Kepala Dinas Pertanian Magetan Edy Suseno kepada wartawan, di Magetan, Kamis (28/4/2016).

Jika merujuk dari wacana pemerintah tersebut, kebutuhan tenaga penyuluh pertanian di Magetan mencapai 235 orang, yakni sesuai jumlah desa di kabupaten setempat.

“Apalagi, jumlah kelompok tani yang ada di Magetan sangat banyak, yakni mencapai 1.023 kelompok tani,” terang Edy.

Minimnya jumlah tenaga penyuluh pertanian tersebut, berdampak pada kurang intensifnya pertemuan penyuluh dengan para petani. Sehingga, banyak informasi tentang pertanian dari pemerintah yang tidak tersampaikan ke para petani.

Sementara, terkait rencana penambahan tenaga penyuluh, pihaknya tidak dapat melakukannya, karena hal itu merupakan wewenang dari pemerintah pusat dan daerah.

Untuk mengatasi permasalahan itu, dinas terkait akan memaksimalkan fungsi tenaga penyuluh pertanian yang ada. Di mana, satu penyuluh bisa mendampingi delapan hingga 16 kelompok tani di beberapa desa.

PERSONALIA, ADMIN, QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO¬†— Pemerintah telah mengumumkan mulai…