Ilustrasi wisatawan mancanegara (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja) Ilustrasi wisatawan mancanegara (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)
Sabtu, 30 April 2016 10:55 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PENATAAN MALIOBORO
Toilet & Jalur Bawah Tanah, Senopati Digarap Awal

Penataan Malioboro terus digarap.

Solopos.com, JOGJA – Penataan Malioboro berupa rencana pembangunan toilet bawah tanah laiknya hotel berbintang masih dalam tahap perencanaan. Area parkir Senopati jadi sasaran pertama.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Tavip Agus Rayanto Jumat (29/4/2016)  mengatakan konsep pengelolaan toilet itu masih terlalu dini untuk dibahas. Saat ini mereka sedang fokus untuk membuat desain sesuai perintah HB X. Tahun ini rencananya Pemda akan memulai pembangunan toilet bawah tanah di area parkir Senopati yang sekaligus menjadi akses bawah tanah untuk menyeberang ke area Taman Pintar.

Selanjutnya ada dua lokasi lain di sekitar Titik Nol yang akan dibangun toilet bawah tanah, yaitu di sisi barat Titik Nol dan di depan Museum benteng Vrederburg. Setelah toilet di kawasan titik nol sudah tergarap, Pemda baru akan mengerjakan konsep toilet serupa di Malioboro.

“Khusus di Malioboro konsepnya sedang disusun, kalau yang lain kan perencanaannya sudah jadi tahun lalu,” ujar Tavip.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Rani Sjamsinarsi mengatakan saat ini mereka akan fokus ke toilet bawah tanah di Senopati terlebih dahulu. Untuk proyek itu, Rani mengatakan mereka sudah mempersiapkan desain yang akan dipakai. Di toilet itu nantinya akan dilengkapi unit yang cukup banyak agar calon penggunanya tak perlu mengantri terlalu lama.

“Di sana cukup satu toilet saja, tapi unitnya yang banyak,” ungkap Rani.

Untuk pembangunan itu, dia mengatakan PUP-ESDM DIY sudah menyiapkan anggaran. Yang masih mengganjal, anggaran itu baru cukup untuk membangun toilet saja. Sementara untuk pembangunan terowongan mereka masih belum mendapatkan dana dan sedang menunggu kabar lebih lanjut.

Kondisi itu berimbas pula pada rencana pembuatan toilet serupa di area Titik Nol. Rani belum bisa memastikan kapan proyek toilet bawah tanah yang menjadi bagian dari revitalisasi Malioboro ini akan dilakukan.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…