Jogja
Sabtu, 30 April 2016 - 10:55 WIB

PENATAAN MALIOBORO : Toilet & Jalur Bawah Tanah, Senopati Digarap Awal

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan mancanegara (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Penataan Malioboro terus digarap.

Harianjogja.com, JOGJA – Penataan Malioboro berupa rencana pembangunan toilet bawah tanah laiknya hotel berbintang masih dalam tahap perencanaan. Area parkir Senopati jadi sasaran pertama.

Advertisement

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Tavip Agus Rayanto Jumat (29/4/2016)  mengatakan konsep pengelolaan toilet itu masih terlalu dini untuk dibahas. Saat ini mereka sedang fokus untuk membuat desain sesuai perintah HB X. Tahun ini rencananya Pemda akan memulai pembangunan toilet bawah tanah di area parkir Senopati yang sekaligus menjadi akses bawah tanah untuk menyeberang ke area Taman Pintar.

Selanjutnya ada dua lokasi lain di sekitar Titik Nol yang akan dibangun toilet bawah tanah, yaitu di sisi barat Titik Nol dan di depan Museum benteng Vrederburg. Setelah toilet di kawasan titik nol sudah tergarap, Pemda baru akan mengerjakan konsep toilet serupa di Malioboro.

“Khusus di Malioboro konsepnya sedang disusun, kalau yang lain kan perencanaannya sudah jadi tahun lalu,” ujar Tavip.

Advertisement

Sebelumnya, Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Rani Sjamsinarsi mengatakan saat ini mereka akan fokus ke toilet bawah tanah di Senopati terlebih dahulu. Untuk proyek itu, Rani mengatakan mereka sudah mempersiapkan desain yang akan dipakai. Di toilet itu nantinya akan dilengkapi unit yang cukup banyak agar calon penggunanya tak perlu mengantri terlalu lama.

“Di sana cukup satu toilet saja, tapi unitnya yang banyak,” ungkap Rani.

Untuk pembangunan itu, dia mengatakan PUP-ESDM DIY sudah menyiapkan anggaran. Yang masih mengganjal, anggaran itu baru cukup untuk membangun toilet saja. Sementara untuk pembangunan terowongan mereka masih belum mendapatkan dana dan sedang menunggu kabar lebih lanjut.

Advertisement

Kondisi itu berimbas pula pada rencana pembuatan toilet serupa di area Titik Nol. Rani belum bisa memastikan kapan proyek toilet bawah tanah yang menjadi bagian dari revitalisasi Malioboro ini akan dilakukan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif