Ilustrasi lomba menulis. Ilustrasi lomba menulis.
Sabtu, 30 April 2016 07:50 WIB Insetyonoto/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

LOMBA MENULIS
Balai Bahasa Jateng Gelar Lomba Penulisan Cerpen

Lomba menulis Jateng, yakni penulisan cerpen, digelar Balai Bahasa Jateng untuk siswa SMA dan guru se-Jateng berhadiah uang jutaan rupiah.

Solopos.com, SEMARANG – Balai Bahasa Jawa Tengah bekerjasama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan lomba penulisan cerpen 2016. Lomba ini diperuntukan bagi para siswa SMA/sederajat dan guru se-Jawa Tengah (Jateng) dengan memperebutkan hadiah mencapai jutaan rupiah.

“Lomba tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap gerakan literasi sekolah yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Koordinator Bidang Pembinaan Sastra Balai Bahasa Jateng, Desi Ari Pressanti, di Semarang, Jumat (29/4/2016).

Melalui lomba penulisan cerpen ini, Desi berharap akan mendorong siswa dan guru berlatih dan mengasah minat, bakat, dan kemampuan, serta kreativitas dalam mencipta karya sastra berupa cerpen. Selain itu, lomba ini diharapkan juga mampu menumbuhkan sikap positif dalam bersastra serta memupuk budaya baca dan tulis siswa maupun guru.

“Para juara akan mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan,” ujar Desi

Persyaratan lomba, siswa SMA/sederajat dan guru di wilayah Jateng dengan menyertakan foto kopian KTP/KK/ katu pelajar. Melampirkan biodata dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Naskah cerpen adalah karya asli, bukan terjemahan maupun saduran, jiplakan atau dibuatkan oleh orang lain, dan bukan hasil klaim terhadap hak cipta/buatan orang lain. Selain itu, naskah lomba juga belum pernah dipublikasikan maupun diikutkan dalam lomba sejenis yang turut dibuktikan dengan surat pernyataan yang telah ditandatangani tiap peserta dalam surat bermaterai.

Tema cerita dalam lomba ini mengenai kepedulian sosial. Naskah tulisan cerpen dikirim dalam bentuk print out rangkap empat serta disimpan dalam satu keping compact disk (CD).

“Naskah dan CD dikirimkan ke panitia lomba penulisan cerpen di Balai Bahasa Jateng di Jl. Elang Raya No 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang,” ujar Desi.

Pengiriman naskah cerpen mulai 1 April-1 Juli 2016. Nama para pemenang akan diumumkan pada 18 Agustus 2016 di laman Balai Bahasa Jateng, www.balaibahasajateng.web.id dan media massa. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia Inni Inayati Istiana (081327348439) dan Mochammad Fikri (08995826982).

CAD Operator, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…