Dua pemain Persis Muda (pink) menahan serangan pemain Sragen Selection (biru) dalam laga uji coba di stadion Sriwedari, Solo, Jumat (12/2). (JIBI/Solopos/ Sunaryo Haryo Bayu)
Sabtu, 30 April 2016 08:00 WIB Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos Indonesia Share :

LIGA NUSANTARA 2016
Jamu Persebi, Persis Muda Bidik Kemenangan

Liga Nusantara 2016 akan menyajikan duel Persis Muda melawan Persebi Boyolali.

Solopos.com, SOLO — Persis Muda Gotong Royong Solo bertekad memetik poin penuh saat meladeni Persebi Boyolali dalam lanjutan babak penyisihan Grup A kompetisi Liga Nusantara (Linus) Jawa Tengah 2016 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (1/5/2016). Partai kandang ini mesti mereka menangkan sebagai pengobat luka saat kalah di laga tandang sekaligus pertandingan perdana kontra Persik Kendal, 1-2, di Stadion Utama Kendal, akhir pekan lalu.

Duel tim antarkota di Soloraya ini boleh dibilang merupakan pertarungan pemain senior junior. Hal ini lantaran Persis Muda diperkuat pemain berusia 19 tahun ke bawah. Sedangkan Persebi sebagian besar bermaterikan pemain senior. Bahkan, beberapa di antaranya adalah mantan penggawa Persis Solo seperti defender Haryadi “Puthul”, Saparno, serta gelandang Katno.

“Kami melakukan banyak pembenahan atas kesalahan yang dilakukan di partai tandang kemarin. Perbaikan penting seperti kontrol, passing, dan pressing,” papar pelatih Persis Muda, Agus Pratikno, kepada wartawan, Jumat (29/4/2016).

Pelatih yang akrab disapa Atik ini menambahkan tim tamu memang lebih senior daripada mereka. Tapi, tim tuan rumah yang didominasi pemain muda punya tenaga lebih. Hanya, Gery dkk. diinstruksikan untuk merapatkan barisan sehingga lini belakang Persis Muda sulit ditembus.

Di samping itu, mereka siap memanfaatkan tenaga dan kecepatan untuk merebut poin penuh. Namun demikian, anak-anak mesti beradaptasi dengan lapangan mengingat pertandingan ini digelar di Stadion Manahan karena mereka terbiasa berlatih di Stadion Sriwedari.

Latihan pun digeber sejak Rabu (27/4/2016) dan Kamis (27/4/2016). Persis Muda bakal mengandalkan skema 4-3-3. Di kiper akan dipercayakan kepada Fahmi. Di belakang ada Nico, Husein, Gery, dan Fajar. Di tengah ada Guruh, Zakka, dan Doni. Sementara depan diperkuat Mahib, Nur, dan Gilang.

Di sisi lain, Persebi yang telah mengantongi tiga poin hasil kemenangan 2-0 atas Persekat Kabupaten Tegal di laga pertama, kian yakin. Pelatih Sriyatno menargetkan poin penuh dalam laga tandang di Manahan.

“Anak-anak semakin padu. Tim siap berduel untuk memburu poin dalam setiap laga termasuk di Solo,” paparnya.

Sementara itu, Persiharjo Unsa Asmi juga siap melakoni partai kontra Persipa Pati di babak penyisihan Grup B di Stadion Joyokusumo. Laga ini seharusnya digelar, Rabu (27/4/2016) lalu, tapi karena venue digunakan untuk konser musik, maka ditunda hingga Sabtu sore.

“Kami mewaspadai lini depan mereka, ada Haryanto dan Bilton Fernando. Selain itu, ada pemain berpengalaman Dede Hugo. Kami diuntungkan dengan perubahan jadwal ini untuk memulihkan kondisi fisik pemain. Kami berusaha mencuri poin di kandang lawan,” jelas pelatih Persiharjo Unsa Asmi, Tithan Wulung Suryata.

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…