Wajan raksasa yang ditemukan di Kutoarjo (detikcom)
Sabtu, 30 April 2016 15:25 WIB JIBI/Solopos/Newswire Peristiwa Share :

KISAH UNIK
Heboh Temuan Wajan Raksasa, Ini Tanggapan BPCB Jateng

Kisah unik penemuan wajan raksasa yang dipendam di tanah membuat heboh warga Kutoarjo, Jawa Tengah.

Solopos.com, JAKARTA – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah siap menindaklanjuti penemuan wajan raksasa di Kutoarjo, Purworejo. Mereka akan mengecek Senin (2/5/2016) lusa. Apa kata mereka soal wajan itu?

“Nanti dilihat. Kalau tidak Senin, ya Selasa,” kata Kepala BPCB Jateng, Tri Hartono, kepada detikcom, Sabtu (30/4/2016).

Tri menjelaskan, tim BPCB terdiri dari arkeolog, fotografer, ahli sejarah, dan bidang terkait. Selain meneliti wajan, mereka akan menelusuri jejak sejarah di lokasi. Bisa jadi, lokasi pernah digunakan sebagai kegiatan tertentu oleh orang-orang terdahulu.

Tri mengaku sudah melihat foto-foto wajan. Lalu apa komentarnya?

“Selama ini, kami belum pernah menemukan wajan dengan diameter sebesar itu. Infonya [diameter wajan] kurang lebih 2,5 meter,” ungkapnya.

Wajan raksasa ditemukan di lahan milik Widodo, 50, di Jl MT Haryono, Kutoarjo, Purworejo, beberapa hari lalu. Saat itu, Widodo hendak membangun ruko. Akhirnya, pembangunan dihentikan untuk sementara.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…