Facebook Messenger (Techcrunch) Facebook Messenger (Techcrunch)
Sabtu, 30 April 2016 14:15 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com/Liputan6.com Internet Share :

APLIKASI SMARTPHONE
5 Aplikasi Ini Bikin Paket Data Cepat Habis

Aplikasi smartphone yang membikin boros data ada lima. Apa saja?

Solopos.com, SOLO —  Layanan paket data Internet Anda cepat habis meski pemakaian wajar? Mungkin penyebabnya adalah aplikasi-aplikasi smartphone seperti Facebook dan Instagram.

Seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (30/4/2016), ada lima aplikasi smartphone yang menguras paket data. Berikut lima aplikasi ponsel yang membuat paket data cepat habis:

1. Facebook

Aplikasi smartphone Facebook selain menghabiskan kapasitas memori, juga menguras layanan data Anda. Setelah ditelisik, penyebabnya adalah fitur autoplaying video yang ada di dalamnya.

Untuk menyelamatkan kuota data, Anda dapat membatasi penggunaan autoplay video, yakni memilih autoplay hanya untuk koneksi Wifi saja. Sehingga, fitur ini akan aktif bila ponsel terhubung dengan Wifi. Opsi kedua adalah menonaktifkan fitur tersebut.

Bagaimana caranya? Pertama, buka aplikasi smartphone Facebook, tap tombol More pada sudut kanan, kemudian tap Setting. Selanjutnya, pilih Account Setting, tap Video and Photos, kemudian pilih On Wifi Connections Only atau Never Autoplay Video.

2. Instagram

Layanan video yang digaungkan oleh berbagai jejaring sosial seperti Instagram rupanya akan sangat menguras data bila penggunanya mengaktifkan fitur autoplay video.

Serupa dengan Facebook, Instagram juga memiliki fitur memainkan video secara otomatis alias preloading video and photo. Untuk menghemat kuota data, dibutuhkan pengaturan terutama ketika pengguna berada di koneksi seluler.

Caranya dengan membuka aplikasi smartphone Instagram kemudian masuk ke laman Profile dan buka Settings. Selanjutnya, tap Celllular Data Use kemudian pilih Use Less Data. Meski pengaturan ini tidak akan menghentikan autoplaying video, namun akan melambatkan preloading video.

Setelah memilih Use Less Data, aplikasi smartphone Instagram akan memberitahu, dengan pengaturan Use Less Data, memuat video mungkin akan memakan waktu lebih lama.

3. Twitter

Sama dengan Facebook, hal yang membuat Twitter menjadi aplikasi smartphone yang paling menguras kuota data adalah fitur Autoplay Video-nya. Nah, bila Anda adalah pengguna aktif Twitter melalui aplikasi, pengaturan autoplay video tampaknya harus diatur sedemikian rupa.

Bagaimana agar video yang diunggah di Twitter tidak otomatis terputar? Caranya dengan membuka aplikasi Twitter, tap tombol Me pada sudut kanan bawah. Kemudian, tap ikon gear di bagian atas laman profil Anda lalu pilih Settings.

Selanjutnya, di bagian General Section, tap Video Autoplay lalu pilih salah satu, apakah pemutaran video otomatis akan menggunakan Wifi atau nonaktifkan fitur autoplay video.

4. Spotify

Baru-baru ini, Indonesia kedatangan layanan streaming musik, Spotify. Penggunaan data yang cukup besar membuat pengguna harus lebih selektif.

Katalog musik yang cukup lengkap memang memikat, tetapi bila Anda adalah pengguna yang memperhatikan penggunaan data mungkin bisa ikuti langkah ini, terutama bila Anda adalah pelanggan premium. Fitur premium memungkinkan album tersedia secara offline, sehingga ketika tidak mengaktifkan paket data, Anda tetap bisa memutar lagu.

Pertama-tama, saat melihat sebuah album yang Anda suka, pilih pengaturan Available Offline. Kemudian secara otomatis Spotify akan mengunduhkan album tersebut untuk Anda, jadi bisa memutar lagu tanpa harus streaming.

Cara kedua dengan mengatur kualitas streaming, dengan membuka Setting dan tap Streaming Quality. Kemudian Anda akan melihat empat opsi, yakni Automatic, Normal, High, dan Extreme. Pilihlah kualitas Normal agar tidak begitu banyak memakan kuota data Anda.

5. Youtube

Kabar baiknya, Youtube tidak akan memainkan video secara otomatis tanpa Anda klik play. Namun serupa layanan lainnya, memutar sebuah video akan menghabiskan paket data Anda. Oleh karenanya, layanan berbagi video milik Google ini menawarkan pengaturan untuk memutar video berkualitas HD hanya bila Anda terhubung dengan jaringan Wifi.

Bagaimana cara mengaturnya? Pertama, buka Youtube, tap tombol titik tiga yang terdapat pada sudut kanan atas. Kemudian tap Setting, tap Turn on Play HD on Wifi only.

lowongan pekerjaan
PENGAWAS&ESTIMATOR, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…