Suasana mendekati senja di Waduk Mulur, Sukoharjo (Maryana Ricky. P.D/JIBI/Solopos) Suasana mendekati senja di Waduk Mulur, Sukoharjo (Maryana Ricky. P.D/JIBI/Solopos)
Jumat, 29 April 2016 16:43 WIB Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos Travel Share :

WISATA SUKOHARJO
Menikmati Senja Syahdu di Waduk Mulur

Wisata Sukoharjo salah satunya mengandalkan Waduk Mulur.

Solopos.com, SUKOHARJO – Jika Anda berkesempatan mengunjungi Bendung Colo, jangan lewatkan untuk mampir sejenak di Waduk Mulur. Pesona waduk ini juga tak kalah indah dibanding Bendung Colo dan hanya berjarak 10 km. Waduk Mulur kerap menjadi destinasi favorit para pencinta joran dan pancing. Ketika Minggu tiba, pinggiran waduk bakal penuh dengan para pemancing. Mereka bahkan kerap menenggelamkan separuh tubuhnya di air untuk mencari titik terbaik.

Salah satu jenis ikan yang menjadi ciri khas Waduk Mulur adalah ikan predator jenis toman. Memancing toman merupakan tantangan tersendiri karena tarikan toman lebih kuat dibandingkan keluarga snakehead lainnya. Selain toman, pemancing juga bisa mendapati varian ikan lain seperti ikan gabus dan patin.

Bagi yang enggan memancing, pengunjung bisa membeli ikan dari petani karamba di sekitar waduk. Jenis ikan yang dibudidayakan di antaranya nila, gurame, jambal, dan lain-lain.

Pada waktu-waktu tertentu Waduk Mulur kerap menjadi lokasi lomba dayung, sky air, dan motor air. Di hari-hari biasa, lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sangat cocok bagi pencinta sepi. Pantulan langit biru tergambar sempurna di air muka waduk yang tenang. Sejumlah keramba ikan milik penduduk turut menjadi penghias di pinggiran waduk.

Menurut informasi, Waduk Mulur akan menjadi salah satu kawasan wisata unggulan di Sukoharjo. Pemerintah setempat memfokuskan pembangunan destinasi wisata yang mengarah pada iusata alam dan air. Nantinya di sekitar waduk bakal dibangun untuk bumi perkemahan, pengolahan air minum, dan objek wisata. Wahana permainan air seperti perahu kayuh, water boom dan permainan ketangkasan bakal dikembangkan.

Dari total luas kawasan sekitar 120 hektare, 90 hektare di antaranya digunakan untuk waduk. Sehingga, masih terdapat lahan yang cukup luas untuk digarap menjadi zona wisata alam dan air. Sementara untuk saat ini, Waduk Mulur baru dilengkapi fasilitas outbond, tempat latihan olah raga panahan, dan lapangan tenis.

Rute

Lokasi Bendung Colo dan Waduk Mulur Sukoharjo sangat gampang ditemukan. Keduanya telah memiliki titik koordinat di Google Maps, sehingga dapat ditemukan di GPS dengan mudah. Lokasi Bendung Colo sekitar 20an km dari Kota Solo, sedangkan Waduk Mulur sekitar 30an km. Sedangkan, jarak Bendung Colo dan Waduk Mulur hanya 10 km. Kedua lokasi ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Berikut rute menuju Bendung Colo, jika ditempuh dari Kota Solo. Asumsi perjalanan dari Jl. Jendral Soedirman (Gladag) Solo. (25 km)

• Jl. Jendral Soedirman ke arah Jl.Ronggowarsito – Jl.KH Ahmad Dahlan – Jl.Yos Sudarso – Jl.Ir.Soekarno – Jl. Solo – Wonogiri – Jl. Raya Nguter

Dari Jl. Raya Nguter, lokasi Bendung Colo hanya sekitar 3,5 km.
Berikut rute menuju Waduk Mulur, setelah dari Bendung Colo. (10 km)

• Ke arah barat daya menuju Jl. Sukoharjo-Mulur – Jl. Mulur – Plarung / Jl. RA Serang – Jl. Barepan – Jl. Kalisogo – Pencil – Jl. Kedungringin.
Waduk Mulur yang luas memiliki beberapa spot memancing terbaik, tanyakan kepada penduduk sekitar agar mendapatkan petunjuk lokasi.

 

lowongan pekerjaan
SPG COUNTER BATIK & SALES COUNTER CAR RENTAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Hoaks

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (11/9/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Berita tentang Saracen, kelompok yang diduga sebagai salah satu pelaku penyebarluasan konten…