Ilustrasi mobil menerjang banjir. (Telegraph.co.uk) Ilustrasi mobil menerjang banjir. (Telegraph.co.uk)
Jumat, 29 April 2016 11:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Tips Share :

TIPS OTOMOTIF
Mobil Sering Terobos Banjir, Awas Aquaplaning!

Tips otomotif kali ini tentang efek aquaplaning.

Solopos.com,  BOGOR – Ketika melewati genangan air atau banjir, tidak sedikit pengemudi mobil yang asal menerobos. Padahal jika sampai terjadi efek aquaplaning, akibatnya sangat berbahaya. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Dalam tips otomotif yang dibagikan oleh Sales Traning Manager PT Goodyear Indonesia, Andry Adam dijelaskan aquaplaning merupakan kondisi ban mobil yang terangkat akibat dorongan air. Itu bisa terjadi karena genangan terlalu dalam atau kecepatan mobil terlalu tinggi ketika menerobos.

”Saat ban berputar dan alur ban tidak bisa membuang air dengan baik, maka air akan terkumpul di bawah ban. Hasilnya ban jadi terangkat oleh air dan kehilangan grip-nya,” terang Andry seperti dilansir laman Metrotvnews, Rabu (27/4/2016).

Dalam kondisi tersebut ban akan berputar ditempat dan arah laju mobil menjadi sulit dikendalikan. Semakin dalam pedal gas diinjak, semakin besar potensi mobil untuk tergelincir. Supaya tetap aman, tips dari Andry adalah dengan mengurangi kecepatan.

”Jika kendaraan sudah terkena efek aquaplaning, segera kurangi kecepatan semberi mobil tetap dikontrol posisinya. Jangan langsung mengerem mendadak, itu malah berbahaya,” tegas Andry.

Menurutnya alangkah lebih aman jika mengemudi lebih mengurangi kecepatan mobil ketika kondisi hujan. Supaya ketika melihat ada genangan, pengemudi bisa mengambil ancang-ancang untuk mengerem atau melakukan manuver menghindar.

lowongan pekerjaan
Editor,Setter,Ilustrator, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Dalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…