Otomotif
Jumat, 29 April 2016 - 23:40 WIB

TIPS OTOMOTIF : Ini 5 Penyebab Rem Sepeda Motor Berdecit

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rem sepeda motor. (Zigwheels.com)

Tips otomotif kali ini tentang solusi rem motor yang berdecit.

Solopos.com, DEPOK – Rem sepeda motor, baik model cakram maupun tromol tidak jarang mengeluarkan suara berdecit yang mengganggu. Untuk mengatasinya ternyata cukup mudah, Anda bisa menyimak caranya dalam tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Menurut Zainul Furqon, pemilik bengkel Banewmas Motor Depok, Jawa Barat, rem motor berdecit bisa karena beberapa faktor. Pertama karena kampas rem sudah tipis atau bahkan habis sehingga suara hanya bisa hilang jika diganti dengan kampas baru.

“Kedua, bisa saja kampas masih tebal [tetapi berdecit]. Itu karena kotor karena debu pasir, terkena air, atau kampas terlumuri minyak dari seal yang bocor,” ungkap Zainul seperti dilansir laman Liputan6, Jumat (29/4/2016).

Ketiga, karena permukaan kampas rem tidak rata sehingga suara berisik itu baru bisa dihilangkan setelah permukaannya diamplas. Faktor lain, suara decitan biasanya juga muncul apabila memasang kampas dari merek yang berbeda dari merek motor.

Advertisement

“Misalnya kampas belakang Yamaha Vixion, diganti pakai kampas Suzuki Satria F. Itu memang bisa, tapi timbulkan suara decitan jika direm,” imbuhnya.

Faktor kelima, decitan juga bisa muncul karena kandungan tembaga pada kampas rem terlalu banyak. Zainul juga memberi tips supaya pemilik motor ketika memasang kampas rem sekaligus membersihkan komponen lain untuk memastikan pengereman tetap prima.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif