Ilustrasi rem sepeda motor. (Zigwheels.com) Ilustrasi rem sepeda motor. (Zigwheels.com)
Jumat, 29 April 2016 23:40 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Tips Share :

TIPS OTOMOTIF
Ini 5 Penyebab Rem Sepeda Motor Berdecit

Tips otomotif kali ini tentang solusi rem motor yang berdecit.

Solopos.com, DEPOK – Rem sepeda motor, baik model cakram maupun tromol tidak jarang mengeluarkan suara berdecit yang mengganggu. Untuk mengatasinya ternyata cukup mudah, Anda bisa menyimak caranya dalam tips otomotif berikut ini.

Menurut Zainul Furqon, pemilik bengkel Banewmas Motor Depok, Jawa Barat, rem motor berdecit bisa karena beberapa faktor. Pertama karena kampas rem sudah tipis atau bahkan habis sehingga suara hanya bisa hilang jika diganti dengan kampas baru.

“Kedua, bisa saja kampas masih tebal [tetapi berdecit]. Itu karena kotor karena debu pasir, terkena air, atau kampas terlumuri minyak dari seal yang bocor,” ungkap Zainul seperti dilansir laman Liputan6, Jumat (29/4/2016).

Ketiga, karena permukaan kampas rem tidak rata sehingga suara berisik itu baru bisa dihilangkan setelah permukaannya diamplas. Faktor lain, suara decitan biasanya juga muncul apabila memasang kampas dari merek yang berbeda dari merek motor.

“Misalnya kampas belakang Yamaha Vixion, diganti pakai kampas Suzuki Satria F. Itu memang bisa, tapi timbulkan suara decitan jika direm,” imbuhnya.

Faktor kelima, decitan juga bisa muncul karena kandungan tembaga pada kampas rem terlalu banyak. Zainul juga memberi tips supaya pemilik motor ketika memasang kampas rem sekaligus membersihkan komponen lain untuk memastikan pengereman tetap prima.

 

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…