Lifestyle
Jumat, 29 April 2016 - 09:10 WIB

TIPS DAPUR : Biar Awet, Begini Trik Jitu Pilih dan Simpan Bawang Putih

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Tips dapur kali ini membahas cara memilih dan menyimpan bawang putih.

Solopos.com, SOLO — Bawang putih adalah bumbu dapur yang digunakan oleh masyarakat hampir di semua olahan. Rasa bawang putih bisa menyedapkan makanan.

Advertisement

Terkait dengan itu, ada baiknya Anda mengetahui trik memilih dan menyimpan bawang putih, agar bumbu dapur ini tidak cepat busuk.

Cara Pilih Bawang

Dilansir Okezone dari Wikihow, Selasa (26/4/2016), ciri bawang putih berkualitas baik adalah memiliki ukuran besar, seluruh bagian bawang bersih, terlihat gemuk berisi, dan tidak ada bagian yang rusak atau busuk. Perhatikan juga bagian kulit bawang. Pastikan bagian itu dalam keadaan kering.

Advertisement

Trik Sebelum Penyimpanan

Saat Anda sudah membeli bawang putih, jangan biarkan bumbu dapur ini berada dalam plastik dalam waktu lama. Langsung keluarkan dan tangani dengan benar agar bawang putih tidak cepat membusuk. Jika bawang putih masih memiliki batang hijau di bagian pangkalnya, maka segeralah potong karena batang tersebut akan membuat bawang putih menjadi pahit saat dimasak.

Penyimpanan

Advertisement

Simpan bawang putih di tempat yang sejuk, kering dengan sirkulasi udara yang bagus. Tempatkan bawang putih dalam wadah terbuka dan jangan ditutup rapat. Jangan pula menyimpan bawang putih dalam lemari es, karena aroma bawang putih akan merusak bau makanan lain yang disimpan dalam lemari es. Selain itu jika disimpan dalam lemari es, bawang putih akan menjadi kering dan keriput.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif