Otomotif
Jumat, 29 April 2016 - 00:10 WIB

SEPEDA MOTOR KAWASAKI : Si Retro W800 Segera Meluncur, Ini Prediksi Harganya

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kawasaki W800. (Kawasaki-cp.khi.co.jp)

Sepeda motor Kawasaki W800 diposisikan sebagai model eksklusif.

Solopos.com, SOLO Setelah beberapa kali terpergok diuji jalan, sepeda motor bergaya klasik retro Kawasaki W800 semakin dekat dengan jadwal peluncurannya. Itu terbukti dari pergerakan yang dilakukan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman TPT Online Kementerian Perindustrian, Kamis (28/4/2016), KMI mendaftarkan izin impor sepeda motor Kawasaki W800 dengan kode EJ800A. Belum diketahui jumlah unit yang akan didatangkan, namun saat ini statusnya adalah P atau dalam proses.

KMI sebenarnya sudah pernah mendaftarkan kode tersebut sekitar Oktober 2015 lalu. Tetapi statusnya kala itu sekadar uji tipe. Sedangkan kali kedua ini, dipastikan KMI mendaftarkan izin impor unit dalam jumlah banyak untuk dipasarkan.

Menurut pengamat otomotif Taufik Hidayat, peluncuran W800 tidak akan lama lagi. Sebab sepeda motor terbaru umumnya diluncurkan beberapa pekan setelah izin impor diberikan.

Advertisement

Berbicara harga, otomotif Taufik memprediksi Kawasaki W800 banderolnya tidak jauh dari Kawasaki Z800, yakni di kisaran Rp200 jutaan. Tetapi unitnya akan dibuat eksklusif sehingga ada kemungkinan jumlahnya terbatas.

”Menimbang statusnya yang diimpor dari Jepang, pajak barang mewah PPnBM, dan KMI yang ingin menjadikannya sebagai varian eksklusif, sepertinya membuat motor ini akan dibanderol di angka Rp200 jutaan,” papar Taufik dalam blog otomotifnya.

Sementara di negara asalnya, kakak Kawasaki Estrella itu dijual seharga 874.000 yen atau sekitar Rp106,2 juta untuk varian standar. Sedangkan untuk edisi spesial, Kawasaki Jepang membanderolnya seharga 906.120 yen atau Rp110,1 juta.

Advertisement

Meski tampilannya kuno, ternyata tidak demikian dengan sektor dapur pacu. Sepeda motor Kawasaki W800 dibekali mesin SOHC 773 cc vertical twin berpending udara. Tenaga sebesar 48 hp dan torsi 60 Nm disalurkan ke roda belakang melalui transmisi lima percepatan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif