Logo Sensus Ekonomi 2016. (bandungkota.bps.go.id) Logo Sensus Ekonomi 2016. (bandungkota.bps.go.id)
Jumat, 29 April 2016 04:40 WIB Sekar Langit/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

SENSUS
Data Harus Akurat, Warga Diminta Jujur

Data yang baik akan mendukung perencanaan yang baik dan begitu juga sebaliknya.

 

Solopos.com, WATES- Penggunaan data yang akurat dalam perencanaan sudah diamanatkan dalam UU No. 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan dan Pemendagri No. 54 /2010.  Selain itu, data sangat dibutuhkan untuk pembangunan bahkan sejak awal fase perencanaan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo, Agus Laggeng Basuki menyatakan bahwa data yang baik akan mendukung perencanaan yang baik dan begitu juga sebaliknya. “Data dan informasi yang akurat, terintegrasi dan dapat dipertanggungjawabkan bisa menghasilkan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan,”ujarnya dalam Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di Wates, pada Kamis(28/4/2016).

Karena itu, ia mengharapkan agar data yang diberikan masyarakat bisa memberikan gambaran sepenuhnya akan sektor pertanian. Selain itu, data yang diperoleh dalam SE 2016 juga bisa memberikan gambaran lengkap akan level dan struktur ekonomi di masyarakat. Terlebih lagi, memasuki masayarakat ekonomi Asean (MEA) merupakan suatu hal yang penting untuk mengetahui kemampuan ekonomi masyarakat. Pasalnya, ini menjadi suatu tolak ukur untuk daya saing bisnis di daerah.
Arjuliwondo, Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS DIY menyatakan bahwa dalam merealisasikan data yang akurat dibutuhkan petugas yang baik, pembuatan kuesioner yang tepat, dan responden yang jujur. Ia juga memaparkan bahwa petugas sensus sendiri sudah dilath sehingga bisa memenuhi tuntutan yang diberikan sedangkan kuesionar yang disediakan juga telah terbukti validitasnya. Karena itu, ia berharap masyarakat bisa menjadi responden yang baik dengan memberikan jawaban yang jujur.
Di sisi lain, ia juga meminta masyarakat untuk selalu menanyakan tanda pengenal petugas sensus yang datang serta maksud dan tujuannya. “Petugas sudah dibekali dengan perlengkapan khusus dan surat tugas,”ujarnya. Hal ini dilakulan guna menvegah adanya orang-orang yang tidak bertanggungjawab mengambil kesempatan dalam momen SE 2016 ini.

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…