Koin romawi (skynews.com.au) Koin romawi (skynews.com.au)
Jumat, 29 April 2016 18:10 WIB JIBI/Solopos/Newswire Sains Share :

PENEMUAN BARU
Pekerja Bangunan 600 Kg Koin Romawi

Penemuan baru koin dari Romawi di temukan pekerja bangunan.

Solopos.com, SOLO – Penemuan benda bersejarah ditemukan pekerja bangunan di Kota Sevilla, Spanyol. Sebanyak 600 kg koin perunggu Romawi yang ditemukan menjadi salah satu penemuuan sangat penting yang mampu menguak sejarah di masa lalu.

Departemen Kebudayaan Andalusia menjelaskan koin-koin dari abad keempat itu ditemukan dalam guci-guci batu yang terlihat sengaja disembunyikan.

Koin-koin itu dibawa ke Museum Arkeologi di Sevilla untuk diteliti para ahli.Melihat penemuan istimewa itu, mereka menyatakan belum pernah melihat temuan koin serupa sebanyak itu.

Koin-koin tersebut diduga dibuat di bagian timur Kekaisaran Romawi dan hanya menunjukkan sedikit tanda penggunaan, yang artinya mungkin koin-koin itu tidak pernah beredar.

Dilansir kantor berita Antara dari Xinhua, koin-koin itu diduga berasal dari pendapatan pajak atau akan digunakan untuk membayar tentara.

Setelah invasi Romawi pada 218 SM, Spanyol menjadi bagian kunci  dari Kekaisaran Romawi.

Sisa arsitektur Romawi masih banyak ditemukan di Spanyol, seperti Aqueduct di Segovia, utara Madrid, dan mercusuar Romawi yang disebut Tower of Hercules di la Coruna dan kota Merida.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. SEMBADA AGUNG PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…