Bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) Ilustrasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM)
Jumat, 29 April 2016 15:01 WIB Dewi A Zuhriyah Politik Share :

Kritik Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi, Agus Hermanto Bandingkan BLT Era SBY

Paket kebijakan ekonomi Jokowi dianggap Agus Hermanto tak menyentuh masyarakat seperti BLT era SBY.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Agus Hermanto, mengatakan paket-paket kebijakan yang disampaikan oleh pemerintah belum menyentuh masyarakat secara menyeluruh. Menurutnya, paket-paket tersebut tidak dapat menyelesaikan persoalan ekonomi rakyat karena belum bisa menyentuh ke bawah.

“Kebijakan itu seharusnya bisa pada masyarakat ke bawah, tidak bisa membeli produk dalam negeri, kalau bangkrut ya PHK, sehingga paket-paket kebijakan belum menyentuh,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Jumat (29/4/2016).

Politikus Demokrat itu memandang paket kebijakan tersebut hingga kinu belum memperbaiki penyakit yang ada. “Ini ada kebijakan yang holistik sehingga masyarakat bisa mengkonsumsi kebijakan yang ada. Seluruh kebijakan pemerintah dari awal belum ada menyentuh permasalahan pokok, baru pinggir-pinggirnya aja,” ujarnya.

Dirinya membandingkan paket kebijakan Jokowi dengan paket era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurutnya, Jokowi harus meniru SBY untuk membuat Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat dengan ekonomi kebawah.

“Seperti era Pak SBY, ada Bantuan Langsung Sementara (BLT) dan PNPM Mandiri,” katanya. “Kebijakan pemerintah harus membuat kebijakan untuk daya beli dan mengkonsumsi produk dalam negeri untuk kebijakan yang ada,” tambahnya.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…