Aksi pra May Day atau Hari Buruh di Tangerang, Senin (27/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga) Aksi pra May Day atau Hari Buruh di Tangerang, Senin (27/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)
Jumat, 29 April 2016 21:50 WIB Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

HARI BURUH
Selama Dua Hari, Polres Salatiga Siaga Satu

Hari Buruh Salatiga, peringatannya membuat aparat kepolisian resort (Polres) Salatiga memberlakukan status siaga satu.

Solopos.com, SALATIGA – Kepolisian Resort (Polres) Salatiga memberlakukan status siaga satu pada peringatan Hari Buruh atau May Day, yang jatuh besok Minggu (1/5/2016). Status siaga satu bahkan diberlakukan Polres Salatiga sejak Sabtu (30/4/2016).

Peringatan Hari Buruh di Salatiga akan digelar secara terpusat di Stadion Kridanggo, Minggu nanti. Untuk mengawal kegiatan itu, Polres akan mengerahkan sedikitnya dua pertiga kekuatan atau sekitar 202 personel.

“Pasukan pengamanan disiagakan dengan tujuan menjaga keamanan wilayah. Ini sudah perintah pimpinan,” terang Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Salatiga, Kompol Sutarto, didampingi Kepala Sub Bagian Humas, AKP I Nyoman Suasma, kepada wartawan di Mapolres Salatiga, Jumat (29/4/2016).

Selain di dalam kota, lanjut Kompol Sutarto, daerah lain yang menjadi perhatian petugas adalah jalur-jalur yang bakal dilewati oleh para buruh yang akan melakukan aksi demo ke Semarang. Ruas jalan tersebut antara lain Jalan Lingkar Salatiga (JLS) dan jalur cepat yang biasa dilewati bus, seperti Jl Veteran, Jl Soekarno Hatta dan Jl Osamaliki.

“Petugas sudah siap melakukan pengamanan di jalur tersebut. Langkah ini sebagai antisipasi saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mengingat jalur itu akan dilewati buruh dari Solo,” jelasnya.

Sutarto menambahkan kekuatan Polres yang dikerahkan itu guna mengawal peringatan Hari Buruh berjalan aman. Meski pun, dari info yang mereka peroleh para buruh itu tidak akan menggelar demo besar-besaran, tapi lebih kepada kegiatan positif.

“Kami berjaga-jaga dari berbagai kemungkinan. Meski dari info yang kami peroleh para buruh tidak menggelar demo besar-besaran tetapi lebih kepada kegiatan positif. Dari komunikasi yang kami lakukan dengan teman-teman dari kelompok buruh, mereka hanya akan melakukan aksi sosial daripada demonstrasi,” beber Sutarto.

Rencana sekitar lima ribu buruh di Kota Salatiga akan memadati Stadion Kridanggo, Salatiga, pada peringatan Hari Buruh Internasional, Minggu nanti. Peringatan itu akan diisi dengan jalan sehat dari unsur pekerja dan pengusaha, panggung hiburan, serta pertandingan sepak bola jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Salatiga melawan gabungan pengusaha dan pekerja se-Kota Salatiga.

Kepala Dinas Sosial, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Salatiga, Sri Jokonurhadi, menuturkan, peringatan Hari Buruh, juga diisi dengan berbagai lomba seperti karaoke antarpekerja, cerdas cermat dan donor darah. Pelaksanaan berbagai lomba itu digelar sebelum puncak peringatan.

“1 Mei nanti di Kridanggo harinya buruh, manfaatkan dengan suasana kondusif kekeluargaan, dan tidak anarkis,” imbau Joko.

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….