Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters) Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)
Jumat, 29 April 2016 16:55 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

AKREDITASI PERGURUAN TINGGI
130 Prodi PTS di DIY akan Jalani Reakreditasi

Akreditasi perguruan tinggi akan dijalani oleh 130 program studi PTS di DIY

Solopos.com,JOGJA-Sekitar 130 Program Studi (Prodi) dari total 515 Prodi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menjalani program reakreditasi.

Hal tersebut bertujuan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kepercayaan publik terhadap PTS di DIY.

Koordinator Koordinasi PTS (Kopertis) Wilayah V DIY Bambang Supriyadi pada Kamis (28/4/2016) mengatakan bahwa reakreditasi tersebut diselenggarakan menggunakan dana dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dengan pelaksana Kopertis Wilayah V DIY dan Asosiasi PTS Indonesia (APTISI) Wilayah DIY.

Reakreditasi ini dilakukan terutama bagi PTS yang prodinya masih terakreditasi C dan belum terakreditasi karena merupakan prodi baru, tanpa ada pembedaan prodi Diploma Tiga, Strata Satu atau Strata Dua.

“Tawaran reakreditasi sudah datang sejak sebulan lalu, namun APTISI masih sibuk pergantian pengurus dan pelantikan, jadi sedianya kami baru mulai membahas persiapan reakreditasi ini Mei 2016. Kami akan memberikan penjelasan kepada mereka, agar setidaknya mereka bukan sekedar terakreditasi, melainkan untuk yang sebelumnya C bisa meraih B,” tuturnya, kepada Harianjogja.com.

Bambang menambahkan, prodi yang akan secara pasti direakreditasi pada 2016 ini masih melihat kemampuan dari BAN PT. Meskipun akan lebih baik apabila 130 prodi tadi bisa mendapat kesempatan reakreditasi, tak terutup kemungkinan BAN PT belum dapat melakukan reakreditasi bagi semua prodi ini.

“Kami akan upayakan untuk mereakreditasi terlebih dahulu prodi yang sudah mendekati habis masa berlaku akreditasinya, karena pengajuan reakreditasi diharapkan sudah dilakukan sekitar enam bulan sebelum masa berlaku akreditasi habis,” imbuh dia.

Bambang menyatakan, sebuah PTS dan prodinya perlu untuk memiliki akreditasi, untuk dapat memiliki akreditasi yang baik, sebuah PTS tentu harus memiliki Sistem Penjaminan Mutu yang baik.

Selain itu bagi institusi, untuk memiliki akreditasi, PTS perlu memenuhi enam standar akreditasi. Antara lain pertama, memiliki visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian, kedua mahasiswa dan lulusan, ketiga memiliki Sumber Daya Manusia (SDM), keempat Kurikulum, suasana pembelajaran dan akademik yang mendukung, kelima pembiayaan, sistem informasi, sarana dan prasarana, keenam penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama.

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…