Ilustrasi (Dok/JIBI) Ilustrasi (Dok/JIBI)
Kamis, 28 April 2016 10:20 WIB Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

USAHA DESA
Dari 22 Usaha Desa, Hanya 10 yang Berkembang Baik

Usaha desa milik Pmeerintah Desa di Bantul masih belum maksimal berkembang

Solopos.com, BANTUL – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sudah berdiri di wilayah Bantul selama ini dinilai masih belum memiliki ciri khas untuk unit usahanya, hal demikian yang menyebabkan hampir separuh BUMDes yang sudah terdaftar belum berkembang maksimal atau bisa dibilang hanya jalan di tempat.

Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bantul, Suprianto mengatakan dari jumlah 22 BUMDes yang terdaftar hanya sekitar 10 BUMDes yang hingga saat ini bisa berkembang dengan baik.

“Seharusnya jika mereka sudah mengetahui potensi yang ada di desa mereka, untuk mengembangkan BUMDes itu mudah, salah satunya yang paling mudah yakni dengan mengembangkan pasar desa,” ujar Suprianto, Selasa (26/4/2016).

Dengan mengedepankan ciri khas masing-masing dari desa tersebut maka pasar desa akan berbeda dengan pasar-pasar yang lain, hal tersebut akan sangat meningkatkan perekonomian dan meningkatkan penghasilan bagi BUMDes.

Suprianto menambahkan dalam mengembangkan BUMDes, sebagian Pemerintah Desa (Pemdes) masih ragu mengenai persepsi mereka pada regulasi apakah yang harus berbadan hukum BUMDes ataukan unit usahanya.

“Sekarang padahal sudah jelas bahwa aturannya yang harus berbadan hukum adalah BUMDesnya, sementara untuk unit desanya nanti bisa menyesuaikan tergantung dengan bagaimana perkembangan BUMDes,” katanya.

Dengan masih adanya permasalahan yang masih dibingungkan oleh beberapa Pemdes, PMD Bantul akan terus memberikan sosialisasi dan fasilitas untuk pelatihan.

“Sosialiasi juga terus kami lakukan agar harapannya setiap tahun setidaknya ada lima BUMDes bertambah, untuk pelatihan lebih kepada sumber daya manusianya agar dapat mendukung untuk usaha desa tersebut,” katanya.

lowongan pekerjaan
SALES ENGINEER, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…