Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)
Kamis, 28 April 2016 23:10 WIB Septina Arifiani/JIBI/Solopos.com Pendidikan Share :

UJIAN NASIONAL 2016
Kemdikbud Serahkan Hasil UN SMA ke Panitia SNMPTN

Ujian Nasional 2016 tingkat SMA hasilnya diserahkan ke panitia SNMPTN.

Solopos.com, SOLO – Ujian Nasional 2016 jenjang SMA/SMK/MA/sederajat dilaksanakan mulai dari tanggal 4-12 April 2016 lalu dan dilanjutkan dengan UN susulan bagi yang berhalangan hadir.

Sebagaimana dirilis Kemendikbud, Kamis (28/4/206), UN tahun ini diikuti 18.665 SMA/SMK dengan 1.441.002 siswa dan 9.819 SMK dengan 778.068 siswa, 5.542 PKBM dengan 258.921 peserta didik, serta 462 SMALB dengan 1.435 siswa.

Seluruh pekerjaan siswa peserta UNKP telah dipindai oleh 37 PTN. Data hasil pemindaian terakhir masuk pada tanggal 23 April 2016. Data tersebut kemudian digabung dengan hasil UNBK serta diproses penskorannya di Pusat Penilaian Pendidikan. Dari 3.247.027 siswa jenjang SMA/SMK/MA/sederajat, terdapat 630.530 siswa yang mendaftar ke SNMPTN.

Setelah melalui serangkaian verifikasi dan validasi, penskoran hasil UN untuk siswa yang mendaftar ke SNMPTN telah digabung dengan biodata dari panitia SNMPTN pada Kamis.

Agar hasil UN tersebut dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam proses seleksi masuk ke PTN melalui jalur SNMPTN maka pada Kamis, dilakukan serah terima data hasil UN yang telah disinkronkan dengan data SNMPTN oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, kepada Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad.

Selanjutnya data tersebut diserahkan kepada Panitia SNMPTN untuk digunakan dalam proses seleksi mahasiswa baru. Pada kesempatan itu disampaikan pula Indeks Integritas Ujian Nasional masing-masing sekolah selama lima tahun terakhir untuk bahan pertimbangan bagi para rektor dalam seleksi calon mahasiswa.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyambut baik penyerahan data hasil UN yang lebih awal dari jadwal semula tanggal 2 Mei karena akan memberi waktu yang lebih panjang bagi PTN untuk dapat memanfaatkan hasil UN tersebut dalam memilih calon mahasiswa.

Sebagaimana tahun 2015, penyerahan hasil UN tahun ini dapat dilakukan oleh Puspendik lebih awal dari jadwal/rencana semula. Lancarnya pemrosesan data UN oleh Puspendik tak lepas dari dukungan penuh dari 37 PTN dalam memindai LJUN.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan mengartakan hasil lengkap Ujian Nasional 2016 dapat diserahkan pada Kepala Dinas Provinsi pada 3 Mei 2016 untuk diumumkan pada tanggal 7 Mei 2016.

LOWONGAN PEKERJAAN
Administrasi ( Wanita ) & Manager ( Pria), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…