Jatim
Kamis, 28 April 2016 - 01:05 WIB

TKI NGAWI : 3 Bulan, Kiriman Uang dari TKI Ngawi Capai Rp11,2 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

TKI Ngawi mengirimkan uang miliaran rupiah ke Tanah Air.

Madiunpos.com, NGAWI – Kantor Pos Cabang Ngawi mencatat kiriman uang (remitensi) dari tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Ngawi yang bekerja di luar negeri melalui instansi itu mencapai miliaran rupiah pada triwulan akhir tahun 2015.

Advertisement

Berdasarkan data Kantor Pos Cabang Ngawi, total transfer atau kiriman uang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia menggunakan Western Union selama Oktober hingga Desember 2015 mencapai Rp11,2 miliar.

Kepala Pelayanan Pos Indonesia Cabang Ngawi, Hengky Hendratmoko, mengatakan dari jumlah tersebut, terinci selama Oktober mencapai R3,55 miliar, November Rp3,46 miliar dan Desember Rp4,19 miliar.

“Dari jumlah tersebut, kiriman paling banyak berasal dari TKI yang bekerja di Hong Kong. Disusul kemudian transferan dari Singapura, Arab, dan Malaysia,” ujar Hengky, Selasa (26/4/2016).

Advertisement

Dia menyebut dari total kiriman Rp3,55 miliar di bulan Oktober, transfer uang dari Hong Kong Rp1,95 miliar. Bulan November dari total transferan Rp3,46 miliar, Hong Kong mencapai Rp1,90 miliar dan Desember transferan dari Hong Kong sebesar Rp2,15 miliar dari total transferan sebesar Rp4,19 miliar.

Ia menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Western Union karena sudah berskala internasional. Selain itu, perbankan yang ada di Indonesia tidak semuanya ada di luar negeri.

“Biasanya para TKI di luar negeri itu mengirimi uang untuk anggota keluarganya yang berada di pedesaan, sehingga memudahkan masyarakat,” kata dia.

Advertisement

Dai menyatakan transaksi pengiriman uang dari para TKI tersebut biasanya meningkat saat menjelang hari lebaran dan tahun ajaran baru sekolah.

Menghadapi momentum Ramadan dan Lebaran, pihaknya melakukan persiapan di antaranya membuka loket lebih banyak dan menambah jam buka operasional.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif