Ilustrasi kereta api (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
Kamis, 28 April 2016 13:22 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

TIKET KERETA API untuk Tanggal Merah Bulan Mei Habis

Tiket kereta api untuk tanggal merah di Bulan Mei sudah habis

Solopos.com, JOGJA — Tiket kereta api untuk libur tanggal merah bulan Mei sudah habis. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Jogja akan mengeluarkan kereta api tambahan untuk menyukupi kebutuhan penumpang yang akan bepergian.

Manajer Pemasaran Angkutan PT KAI Daop 6 Sujarwo mengatakan, tiket jarak menengah dan jarak jauh untuk libur nasional pada bulan Mei sudah habis. Terutama untuk libur minggu depan, tiket kereta api paling cepat terjual.

Minggu depan terdapat dua libur hari nasional yang memicu masyarakat mengambil cuti panjang dan melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

Libur tanggal merah tersebut jatuh pada hari Kamis (5/5/2016) yang ditetapkan sebagai Hari Kenaikan Isa Al-Masih dan Jumat (6/5/2016) Libur Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

“Untuk libur minggu depan itu rata-rata sudah habis. Kebetulan kan ada libur panjang itu ya,” kata Jarwo, Kamis (28/4/2016).

Secara total, tiket untuk bulan Mei hampir 90% terjual. Hal ini menunjukkan tingkat mobilitas masyarakat yang ingin bepergian melalui jalur Daop 6 mulai meningkat hingga menjelang puasa nanti.

Sujarwo menyampaikan, tingkat bepergian masyarakat menggunakan kereta api memang cukup tinggi. “Khusus Mei saja per harinya terjual setidaknya 25.000 tiket per hari,” tegasnya.

Rata-rata penumpang melakukan perjalanan ke arah barat yakni Bandung dan Jakarta. Sementara untuk jalur timur ke Surabaya tidak terlalu mendominasi.

Daop 6 berencana mengeluarkan kereta tambahan. Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogja Eko Budiyanto menjelaskan, kereta tambahan ini ditujukan untuk perjalanan dari arah Solo dan Jogja menuju Gambir.

“Kereta api fakultatif kelas eksekutif yang akan kami keluarkan. Ada sembilan rangkaian, sembilan gerbong, dan setiap gerbangnya 450 seat. Jadi nanti sebutannya misalnya Argo Dwipangga Tambahan,” katanya.

Kereta tambahan ini akan dijalankan setiap tanggal merah. Kereta akan berangkat mulai pukul 9.00 WIB dari Solo dan Jogja.

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…