Teknologi
Kamis, 28 April 2016 - 18:35 WIB

PENJUALAN SMARTPHONE : Samsung Tetap Nomor 1, Inilah Daftar Ponsel Terlaris

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penjualan Smartpone Kuartal I 2016 (Venturebeat)

Penjualan smartphone Samsung tetap nomor satu sedangkan Oppo menembus lima besar.

Solopos.com, SOLO — Berdasarkan laporan lembaga riset IDC, vendor asal Korea Selatan, Samsung, masih menjadi nomor satu dalam penjualan smartphone secara global.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Venturebeat, Kamis (28/4/2016), selain itu Apple masih berada di posisi kedua. Penurunan penjualan Iphone tampaknya tidak berpengaruh dengan peringkat versi IDC.

Sedangkan vendor asal Tiongkok, Xiaomi, kehilangan posisi lima besar penjualan smartphone sepanjang kuartal I 2016 secara global karena digeser sesama vendor asal negeri Tirai Bambu, Oppo. Menurut IDC, sebanyak 334,9 juta unit ponsel terjual di seluruh dunia dan naik 600.000 unit saat terjual 334,3 juta unit tahun 2015 lalu.

Di peringkat pertama penjualan smartphone kuartal I 2016, Samsung sukses menjual 81,9 juta unit Apple yang berada di posisi kedua mampu menjual 51,2 juta unit. Di posisi tiga, vendor Tiongkok, Huawei, sukses menjual 27,5 juta unit ponsel.

Advertisement

Dua vendor asal Tiongkok. Oppo dan Vivo, sukses menggeser saingannya yang sesama Tiongkok, yakni Xiaomi dan Lenovo di posisi lima besar. Oppo berada di posisi keempat dan Vivo berada di posisi lima.

Di posisi keempat penjualan smartphone tingkat dunia, Oppo, sukses menjual 18,5 juta unit. Sementara Vivo menjual sebanyak 14,3 juta unit ponsel. Masuknya Oppo di jajaran lima besar vendor dunia karena promosi lur biasa yang mereka lakukan.

Oppo dan Vivo tidak hanya berkutat di Tiongkok, dua vendor Asia itu melakukan promosi besar-besaran di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia Tenggara seperti Indonesia. Apabila terus begini bukan tidak mungkin Oppo dan Vivo mengancam dominasi Samsung dan Apple dalam beberapa tahun ke depan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif