Ilustrasi pencurian sepeda motor (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi pencurian sepeda motor (JIBI/Solopos/Dok.)
Kamis, 28 April 2016 20:40 WIB Kurniawan/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

PENCURIAN KARANGANYAR
Warga Fajar Indah Gagalkan Pencurian Motor

Pencurian Karanganyar terjadi di Perumahan Fajar Indah, Baturan, Colomadu.

Solopos.com, KARANGANYAR–Percobaan pencurian sepeda motor terjadi di Jl. Mawar Raya A39 RT 001/RW 010 Perumahan Fajar Indah, Desa Baturan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (28/4/2016) siang.

Dua pencuri gagal membawa kabur sepeda motor Honda Beat berpelat nomor AD 3177 NA milik Mohamad Aldi Renato, 25, warga Jl. Samanhudi No 114 RT 004/RW 003, Sondakan, Laweyan, Solo.

Korban sedang berbincang dengan teman perempuannya di ruang tamu rumah si perempuan saat pencuri beraksi. Kedua pencuri datang ke lokasi dengan berboncengan sepeda motor Honda Mega Pro.

Dua terduga pencuri yakni S, 25, asal Kecamatan Tunjungan, Blora, dan G, 24, asal Kecamatan Kunduran, Blora. S bertugas mengambil sepeda motor korban, sedangkan G berjaga di sepeda motor.

Sebenarnya S berhasil mengambil sepeda motor Honda Beat dari garasi rumah menggunakan kunci T. Tapi pemilik kendaraan mengetahui aksi tersebut, dan langsung mengejar pencuri.

G berhasil melarikan diri dengan menggeber sepeda motornya. Sedangkan S terjebak di jalur yang tertutup portal. Warga yang mendengar teriakan korban sontak menangkap terduga pencuri.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, beberapa warga dan pengguna jalan yang kesal dengan aksi tersebut, mendaratkan bogem mentah dan tendangan ke tubuh serta kepala terduga pencuri. Tapi aksi itu berhasil dikendalikan polisi yang tiba di lokasi kejadian.

Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra, melalui Kapolsek Colomadu, AKP Joko Waluyono, mengonfirmasi adanya percobaan pencurian di Perumahan Fajar Indah pukul 11.30 WIB.

Dia juga mengonfirmasi adanya beberapa warga yang sempat melampiaskan amarah kepada terduga pencuri. “Petugas kami langsung bisa mengendalikan situasi. Terduga pelaku pencurian langsung kami bawa ke Mapolsek,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com.

AKP Joko menerangkan pihaknya masih memintai keterangan terduga pencuri yang berhasil ditangkap tersebut. Sedangkan identitas terduga pencuri yang berhasil meloloskan diri, sudah dikantongi. “Identitas rekan pelaku sudah kami dapatkan,” sambung dia.

Kasubag Humas Polres Karanganyar, AKP Rochmat mengimbau masyarakat tidak teledor bila memarkir kendaraan. Sebab pencuri sepeda motor selalu mengintai kelengahan warga. “Selalu waspada, jangan teledor saat membawa kendaraan,” kata dia.

Dia juga meminta jajaran polsek di wilayah hukum Polres Karanganyar rutin menggelar patroli. Patroli diharapkan bisa efektif mencegah berbagai tindak kejahatan. “Saat berpatroli sebaiknya membangun interaksi langsung dengan warga,” imbuh dia.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…