Mal Paris Van Java (parisvanjava.id) Mal Paris Van Java (parisvanjava.id)
Kamis, 28 April 2016 09:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

PEMBANGUNAN MADIUN
Tiru Bandung, Wali Kota Ingin Bangun Madiun Van Java

Pembangunan Madiun ini terkait rencana pembuatan Madiun Van Java.

Solopos.com, MADIUN – Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, menyiapkan anggaran Rp40 miliar untuk membangun kawasan wisata belanja dan kuliner di wilayah setempat.

Kawasan wisata itu akan mengadopsi Mal Paris Van Java (PVJ) di Kota Bandung, Jawa Brat, dengan sebutan Madiun Van Java (MVJ).

Wali Kota Madiun Bambang Irianto mengatakan kawasan tersebut rencananya dibangun di lahan parkir Sumber Umis di Jalan Pahlawan yang berdekatan dengan dua mal besar di Kota Madiun.

“Anggaran yang disediakan untuk mewujudkan itu sekitar Rp40 miliar,” ujar Bambang Irianto kepada wartawan, Selasa (26/4/2016).

Meski mengadopsi dari PVJ di Bandung, kata dia, MVJ tidak akan sama persis dengan PVJ. Memang ia berencana ada beberapa yang diadopsi, seperti bangunannya, namun pihaknya akan menyasar MVJ untuk masyarakat ekonomi menengah.

Nantinya, kata Bambang Irianto, outlet dan penyewa (tenant) di MVJ tidak hanya diisi oleh brand terkenal dan mahal, tapi juga menyediakan makanan tradisional dan nasi pecel menjadi menu wajib sebagai kuliner khas Kota Madiun.

Produk unggulan lain dari UMKM di Kota Madiun juga bakal hadir di kawasan tersebut. Bambang juga menjelaskan, MVJ disiapkan untuk menyambut adanya tol Solo-Kertosono ruas Mantingan-Kertosono.

Meski tol tersebut tidak melintasi Kota Madiun, namun pihaknya optmistis keberadaan infrastruktur tersebut memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi di kotanya.

“Seperti di Bandung, dengan adanya jalan tol Cipularang, jarak tempuh Jakarta-Bandung lebih cepat, dari sebelumnya tiga hingga empat jam menjadi 90 menit. Akibatnya banyak warga Jakarta yang berkunjung ke Bandung,” kata dia.

Ia meminta jajarannya menyiapkan detail engineering design (DED) untuk Madiun Van Java di tahun ini. Rencananya, proyek itu akan dibangun dengan sistem tahun jamak (multiyears) yang dimulai tahun 2017.

Staf Ahli Kota Bandung Bidang Ekonomi dan Keuangan Kota Bandung, Dadang, saat menerima rombongan Pemkot Madiun, menuturkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung pada 2015 mencapai Rp2,2 trilun.

Keberadaan tol Cipularang mendorong warga Jakarta datang ke Bandung untuk berekreasi menikmati kuliner ataupun belanja.

“Penyumbang terbesar adalah dari sektor pajak. Hadirnya tol Cipularang membuat Kota Bandung semakin ramai bahkan macet di akhir pekan karena banyak wisatawan yang berkunjung,” kata Dadang.

Pihaknya menyambut positif kunjungan yang dilakukan Pemkot Madiun untuk mengunduh hal-hal positif agar dapat dikembangkan di daerah setempat.

lowongan pekerjaan
DESIGN GRAFIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…