Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (JIBI/Solopos/Antara/Asmaul Chusna) Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (JIBI/Solopos/Antara/Asmaul Chusna)
Kamis, 28 April 2016 23:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

PELAYANAN PUBLIK KEDIRI
Pemkot Kediri Gratiskan Biaya Perbaikan Surat Penting untuk Gakin

Pelayanan publik Kediri berupa perbaikan berbagai surat penting gratis untuk warga miskin.

Solopos.com, KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri menggandeng Pengadilan Negeri setempat untuk memberikan bantuan berupa pengurusan perbaikan berbagai macam surat penting secara gratis bagi warga miskin (gakin) di wilayah setempat.

“Program ini untuk mempermudah perbaikan data pribadi. Data itu akan tercatat seumur hidup di Dispendukcapil dan saya melihat ada sejumlah kesalahan pencatatan,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Rabu (27/6/2016).

Wali Kota yang ditemui dalam kegiatan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Kota, Kediri, menambahkan kesalahan pencatatan itu membuat masyarakat tidak segera mengurus perbaikannya.

“Selain karena belum butuh, waktu yang dibutuhkan untuk mengurus juga cukup lama,” kata dia. Untuk itu, pemerintah kota membuat inisiatif untuk jemput bola dengan mengadakan sidang keliling yang dilakukan di Kantor Kecamatan Kota Kediri.

Dengan pelayanan tersebut, masyarakat bisa lebih mudah mengurus proses perbaikan dari berbagai surat penting misalnya akta dan sejumlah surat lain.

Wali Kota menuturkan dalam pengurusan proses perbaikan itu untuk warga miskin biaya yang dibebankan nihil atau gratis. Pemerintah telah membantu untuk menanggung biaya tersebut, sehingga mereka dapat dengan lebih mudah untuk memproses perbaikannya.

“Ini gratis, kami kerja sama dengan PN Kota Kediri. Kami juga ingin memberikan pelayanan terbaik serta program ini juga sesuai dengan Nawa Cita dan kami sinkronkan, kami dekatkan pelayanan di masyarakat, sehingga masyarakat pun tidak takut,” jelasnya.

Wali Kota berharap, dengan program ini berbagai permasalahan data pribadi baik akta kelahiran, ijazah, dan beragam surat penting lainnya tidak menjadi kendala lagi untuk diperbaiki.

Sementara itu, sejumlah warga yang mengurus perbaikan surat penting di Kantor Kecamatan Kota Kediri merasa sangat terbantu dan merasa senang. Mereka hanya memerlukan waktu sekitar lima menit untuk proses sidang.

Suroso, soerang pensiunan warga Kota Kediri, mengaku terdapat kesalahan tulis dalam proses penulisan nama tempat lahir yang seharusnya di Jakarta, tapi di akta tertulis di Kediri.

“Ini untuk pengurusan pernikahan, terdapat kesalahan nama tulis tempat tanggal lahir,” ucapnya.

Hal demikian juga dikatakan oleh Jayadi, warga Kecamatan Kota, Kediri. Ia mengajukan perbaikan di akta, sebab nama ibunya yang terdata kurang lengkap.

Ia merasa terbantu, sebab proses perbaikan hanya sebentar. “Ini sekitar lima menit selesai. Saya mengajukan untuk perbaikan akta,” ujar dia.

lowongan pekerjaan
DAQU TRAVEL HAJI & UMROH SURAKARTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…