Mobil damkar Chevrolet Corvette di Dubai. (Gmauthority.com)
Kamis, 28 April 2016 12:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com/Newswire Roda 4 Share :

MOBIL SUPER
Cuma di Kota Ini Petugas Damkar Pakai Supercar!

Mobil super Chevrolet digunakan sebagai kendaraan pemadam kebakaran.

Solopos.com, DUBAI – Pemadam kebakaran (damkar) di seluruh dunia umumnya menggunakan truk sebagai kendaraan operasionalnya. Tetapi di Kota Dubai, Uni Emirat Arab, para penjinak jago merah dibekali sebuah mobil super (supercar).

Seperti dilansir blog resmi General Motors GM Authority, Selasa (26/4/2016), supercar yang digunakan dinas pemadam kebakaran di Dubai adalah Chevrolet Corvette Stingray. Mobil dua pintu itu diberi kelir kuning dengan striping merah pada sisi kanan dan kiri.

Meski dimensinya tidak sebesar truk, perlengkapan yang dibawa Corvette Stingray hasil modifikasi itu cukup komplet. Pada bagasi belakang terdapat monitor, selang dan alat pemadam api, tangga lipat, tabung oksigen, serta perlengkapan pertolongan pertama.

Urusan kecepatan tentu tidak perlu diragukan lagi. Menggendong mesin V8 6.200 cc DI Engine bertransmisi tujuh percepatan dengan penggerak all wheels drive, mobil asal Amerika Serikat itu mampu melasat dengan kecepatan maksimum 340 km/jam.

Berkat spesifikasi itu Departemen Pertahanan Dubai pun percaya diri mendaftarkan supercar Corvette Stingray ke organisasi pencatat rekor Guinness World Record sebagai mobil damkar tercepat di dunia.

“Pihak Guinness telah mengonfirmasi bahwa tidak ada mobil pemadam kebakaran yang terdaftar dengan spesifikasi dan kecepatan yang sama seperti Corvette kami,” kata Kepala Departemen Pertahanan Dubai, Hussein Al Rahoomi.

Meski begitu rekor kendaraan damkar tercepat sebenarnya sudah ada, namun wujudnya adalah truk. Truk milik pemerintah Florida itu bernama Hawaiian Eagle dan mampu berlari dengan kecepatan 655 km/jam berkat tambahan dua mesin jet.

Dubai memang dikenal sebagai kota yang identik dengan barang-barang mewah. Selain damkar, supercar seperti Ferrari hingga Lamborghini juga digunakan sebagai kendaraan polisi lalu lintas.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…