Otomotif
Kamis, 28 April 2016 - 12:30 WIB

MOBIL SUPER: Cuma di Kota Ini Petugas Damkar Pakai Supercar!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil damkar Chevrolet Corvette di Dubai. (Gmauthority.com)

Mobil super Chevrolet digunakan sebagai kendaraan pemadam kebakaran.

Solopos.com, DUBAI – Pemadam kebakaran (damkar) di seluruh dunia umumnya menggunakan truk sebagai kendaraan operasionalnya. Tetapi di Kota Dubai, Uni Emirat Arab, para penjinak jago merah dibekali sebuah mobil super (supercar).

Advertisement

Seperti dilansir blog resmi General Motors GM Authority, Selasa (26/4/2016), supercar yang digunakan dinas pemadam kebakaran di Dubai adalah Chevrolet Corvette Stingray. Mobil dua pintu itu diberi kelir kuning dengan striping merah pada sisi kanan dan kiri.

Meski dimensinya tidak sebesar truk, perlengkapan yang dibawa Corvette Stingray hasil modifikasi itu cukup komplet. Pada bagasi belakang terdapat monitor, selang dan alat pemadam api, tangga lipat, tabung oksigen, serta perlengkapan pertolongan pertama.

Urusan kecepatan tentu tidak perlu diragukan lagi. Menggendong mesin V8 6.200 cc DI Engine bertransmisi tujuh percepatan dengan penggerak all wheels drive, mobil asal Amerika Serikat itu mampu melasat dengan kecepatan maksimum 340 km/jam.

Advertisement

Berkat spesifikasi itu Departemen Pertahanan Dubai pun percaya diri mendaftarkan supercar Corvette Stingray ke organisasi pencatat rekor Guinness World Record sebagai mobil damkar tercepat di dunia.

“Pihak Guinness telah mengonfirmasi bahwa tidak ada mobil pemadam kebakaran yang terdaftar dengan spesifikasi dan kecepatan yang sama seperti Corvette kami,” kata Kepala Departemen Pertahanan Dubai, Hussein Al Rahoomi.

Meski begitu rekor kendaraan damkar tercepat sebenarnya sudah ada, namun wujudnya adalah truk. Truk milik pemerintah Florida itu bernama Hawaiian Eagle dan mampu berlari dengan kecepatan 655 km/jam berkat tambahan dua mesin jet.

Advertisement

Dubai memang dikenal sebagai kota yang identik dengan barang-barang mewah. Selain damkar, supercar seperti Ferrari hingga Lamborghini juga digunakan sebagai kendaraan polisi lalu lintas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif