Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok/JIBI/Solopos) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok/JIBI/Solopos)
Kamis, 28 April 2016 16:40 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

KERJA SAMA UNIVERSITAS
Ini Yang Ditawarkan Keraton Kasunanan Kepada Fakultas Pertanian di Indonesia

Kerja sama universitas, keraton menawarkan kajian pustaka tentang tanaman dan obat-obatan.

Solopos.com, SOLO–Keraton Solo menawarkan kepada para dekan fakultas pertanian se-Indonesia untuk mengkaji atau meneliti pustaka mengenai beragam tanaman dan obat-obatan.

Hal tersebut disampaikan Plt. Paku Buwono XIII Keraton Solo, K.G.P.H. Puger saat berbincang dengan Solopos.com setelah menyambut kedatangan dekan fakultas pertanian se-Indonesia di Keraton Solo, Kamis (26/4/2016) siang. Dia berkeinginan agar berbagai pustaka koleksi Keraton bisa bermanfaatkan bagi kepentingan masyarakat luas.

“Kami menjalin kerja sama budaya dan pertanian. Banyak dokumen di Keraton mengenai hal-hal tradisional yang bisa diteliti para cendekiawan. Harapan kami, hasil penelitian bidang pertanian itu nantinya bisa menjadi suatu rujukan atau referensi ke depan,” jelas Puger.

Puger membenarkan selama ini banyak pustaka di Keraton yang belum diulas kembali. Dia menyebut naskah atau buku bidang pertanian menjadi salah satu koleksi Keraton yang belum banyak dikaji dan diteliti. Puger mengizinkan berbagai pustaka tersebut untuk bisa dikaji atau diteliti kembali agar bisa dipahami sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas.

“UNS dulu baru persiapan untuk meneliti, terutama hasil pertanian yang bisa di-branding dalam produk jamu. Penelitian koleksi pertanian ini bisa di-sounding terus supaya ke depan bisa bermanfaat. Berbagai tumbuhan yang tercatat [dalam pustaka] bisa terbuka luas. Beberapa hal kan harus diuji,” papar Puger.

Puger menyampaikan para dekan fakultas pertanian se-Indonesia berkunjung ke Keraton masih dalam suasana perayaan Lustrum ke-8 UNS Solo. Mereka datang ke Keraton diantar rombongan dari UNS Solo. Dia mengatakan para akademisi bidang pertanian tersebut ingin mengetahui secara langsung kondisi Keraton.

“[Fakultas] Pertanian UNS sudah pernah kunjungan ke sini. Mereka ingin melihat sekaranh ada apa saja di Keraton, seperti mengecek tanaman langka. Kami dulu pernah memiliki tanaman langka seperti cendana wangi hasil sumbangan. Namun, tanaman itu kini telah mati,” papar Puger.

Puger berkomitmen akan memunculkan tanaman-tanaman langka kembali di kompleks Keraton. Puger berharap ada kerja sama juga dengan berbagai pihak, termasuk akademisi bidang pertanian dari berbagai Indonesia tersebut untuk menghijaukan Keraton. Keterlibatan akademisi, menurut dia, penting agar tanaman bisa tumbuh dan selamat.

Dekan Fakultas Pertanian UNS, Bambang Pujiasmanto, menyampaikan kesiapan apabila diajak bekerja sama untuk mengulas berbagai pustaka di Keraton. Dia juga terbuka untuk bekerja sama dengan Keraton mengenai berbagai hal lain untuk memajukan bidang pertanian.

lowongan pekrjaan
TENAGA ADM KONVEKSI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…