Sejumlah truk dan alat berat melakukan pengerukan tanah di kawasan Tapak Pabrik Semen PT. Semen Gresik, Desa Kadiwono, Gunem, Rembang, Selasa (20/5/2014), dengan diawasi polisi . Pembangunan pabrik semen dan area tambang PT. Semen Gresik yang ditargetkan rampung pada tahun 2016 itu ditentang sebagian warga. (JIBI/Solopos/Antara/ Andreas Fitri Atmoko) Ilustrasi aktivitas pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang. (JIBI/Solopos/Antara/ Andreas Fitri Atmoko)
Kamis, 28 April 2016 22:15 WIB Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos Wonogiri Share :

INVESTASI WONOGIRI
2 Perusahaan Semen Lirik Wonogiri Selatan

Investasi Wonogiri, sudah dua perusahaan semen yang melirik kawasan Wonogiri selatan.

Solopos.com, WONOGIRI–Wonogiri menjadi salah satu daerah yang dinilai memiliki potensi batu gamping cukup banyak. Saat ini telah ada beberapa perusahaan semen yang melirik wilayah Wonogiri selatan untuk didirikan pabrik semen. Namun begitu belum ada kejelasan terkait rencana pembangunan pabrik semen tersebut.

Sebelumnya Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah, Dwi Teguh Paryono, ada 12 investor akan membangun pabrik semen di Jawa Tengah. Salah satunya di wilayah Wonogiri. Berdasarkan informasi dari Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan (BPMPP) Wonogiri, sudah ada dua perusahaan semen yang telah mengurus izin prinsip di pemerintah pusat. Keduanya adalah PT Anugerah Andalan Asia dan PT Ultratech Cement Indonesia. Untuk PT. Anugerah Andalan Asia, lokasi yang disasar adalah Sumberharjo, Baleharjo, Panekan dan  Minggarharjo, Kecamatan Eromoko.

Sedangkan untuk PT Ultratech Cement Indonesia, lokasi yang disasar adalah Kecamatan Eromoko, Pracimantoro, Giriwoyo dan Giritontro. Hanya menurut Kepala BPMPP, Eko Subagyo, hingga saat ini izin lokasi belum diproses. Sebab harus disesuaikan dulu dengan tata ruang di tingkat kecamatan. Selain itu untuk memproses izin lokasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri juga akan melihat kesiapan keuangan masing-masing perusahaan.

“Sesuai dengan kemampuannya tidak. Jangan sampai setelah diterbitkan izin, pembangunan tidak berjalan,” kata dia.

Sementara itu Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan setiap pembangunan di Wonogiri harus disesuaikan dengan rencana detail tata ruang wilayah yang ada. Menurutnya tahun ini merupakan momentum untuk Wonogiri melakukan evaluasi dan revisi terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Kami harus berkoordinasi, baik dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,  termasuk para profesional untuk memberikan referensi kepada kami,” kata dia kepada wartawan, Kamis (28/4/2016).

Joko menegaskan pihaknya terbuka dengan masuknya investor, termasuk perusahaan semen. “Tapi keterbukaan pemerintah adalah keterbukaan yang normatif. Ketika rekomendasi atau persyaratan kepada investor agar bisa masuk ke Wonogiri bisa terpenuhi, baik sosialisasi, amdal, serta analisis-analisis lainnya, selesai. Saya tidak akan menutup diri terhadap investasi,” kata dia.

Sebelumnya informasi dari Dinas Pengairan Energi dan Sumberdaya Mineral (PESDM) Wonogiri, menyebutkan wacana adanya perusahaan semen yang akan masuk Wonogiri muncul sejak 2011 lalu. Menurut Kabid Pertambangan DPESDM, Eko Septianingsih, melalui Kasi Pembinaan dan Pengusahaan, Puguh Dwi Hastanto, ada tiga perusahaan yang telah melirik wilayah Wonogiri selatan. Ada tiga perusahaan yang rencananya akan masuk. Selain kedua yang disebutkan di atas, juga ada PT Sewu Surya Sejati yang mengincar Wonogiri selatan.

Camat Eromoko, Danang Erwanto, mengatakan pihaknya telah menerima informasi terkait rencana pendirian pabrik semen tersebut. “Ada tiga perusahaan yang informasinya mau masuk Eromoko. Tapi itu baru informasi sementara yang kami dapatkan. Kalau dari tata ruang wilayah Eromoko dapat digunakan untuk perindustrian. Tapi sampai saat ini belum ada sosialisasi tentang itu [pendirian pabrik semen], baik ke kami maupun ke warga,” kata dia kepada Solopos.com, belum lama ini.

lowongan pekerjaan
PENGAWAS&ESTIMATOR, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Ayo Sowan Simbah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (14/9/2017). Esai ini karya Joko Setiyono, pustakawan di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah jjoko@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Banyak orang tidak tahu 14 September bagi bangsa Indonesia merupakan Hari Kunjung Perpustakaan….